Agar Puasa Tetap Bugar, Ini Lo Tipsnya.

Beberapa tips praktis puasa sehat


Selama berpuasa organ tubuh tetap bekerja. Jantung berdenyut untuk memompa darah. Usus bekerja mencerna makanan. Demikian pula paru-paru, otak serta organ lainnya. Untuk kelangsungan kerja itu diperlukan energi, tidak terkecuali selama bulan puasa.


produksispot.blogspot.com - Oleh karena itu, kita harus mengenal bagaimana pola hidup dan makan sehat agar tubuh tetap dapat bekerja secara optimal. Mau puasa dengan tubuh yang tetap bugar ? Berikut beberapa tips pola makan dan hidup sehat selama menjalankan ibadah puasa.

1. Atur Pola Makan Seimbang

Maksudnya, upayakan pola makan yang tidak berbeda jauh dengan makanan kita sehari-hari sebelum bulan puasa dan usahakan sesederhana mungkin. Makanan yang kita makan perlu diatur sedemikian rupa sehingga kita tetap dapat mempertahankan berat badan yang normal, tidak bertambah dan tidak berkurang. Untuk menjaga kondisi agar tetap fit dan semangat selama berpuasa, hendaklah berdisplin dalam hal pengaturan asupan makanan pada saat sahur dan berbuka puasa.

2. Jangan Tinggalkan Sahur

Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa yang sangat disarankan. Selain sesuai dengan tuntunan baginda Nabi, juga telah terbukti secara medis sangat menunjang kebugaran tubuh selama berpuasa. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi.

Baca juga Alasan Mengapa Sahur Itu Penting

3. Jangan Tunda Berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya membuat energi kita terkuras. Untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah makanan yang mengandung gula dan karbohidrat. Selain itu, minumlah cukup air untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

4. Asup Cukup Air

Air merupakan zat yang sangat diperlukan tubuh. Lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air. Tanpa air yang cukup tubuh akan rentan mengalami gangguan.Oleh karena itu perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Aturlah minum paling tidak 8 gelas sebelum menjalani puasa esok hari.

5. Lakukan Olah Raga Ringan

Berpuasa bukanlah halangan kita melakukan olah raga. Olah raga tetap diperlukan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar tubuh tetap bugar selama bulan puasa. Olah raga apa yang dapat dilakukan selama berpuasa ? Pilihlah olahraga yang sederhana yang tidak terlalu menghabiskan banyak energi dan cairan tubuh. Seperti berjalan kaki, lari-lari kecil, bersepeda dan semacamnya. Waktu melakukannya juga diperhatikan. Yaitu antara dua jam sampai setengah jam sebelum waktu berbuka.

Nah sahabat, demikian dulu artikel singkat tentang beberapa tips sehat puasa ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.


Sumber : Materi acara Bincang Sehat edisi khusus bulan Ramadhan 97.8 Bahana FM oleh dr Kus Ageriyawan dari Klinik Persada Medika PT Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta, Kutim Kaltim.



No comments:

Post a Comment