Alasan Mengapa Sahur Itu Penting

Jangan Tinggalkan Sahur
Jangan Tinggalkan Sahur


Sahur merupakan salah satu rangkaian ibadah puasa Ramadhan yang penting dan sangat disarankan. Mengapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa ?


produksispot.blogspot.com - Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup.

Untuk menu sahur, sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi. Namun hindari terlalu banyak makanan yang manis-manis. Karena puasa yang kita laksanakan berlangsung seharian penuh, kita perlu mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna termasuk makanan yang mengandung serat.

Makanan yang lamban dicerna dapat bertahan hingga 8 jam. Sedangkan makanan yang cepat dicerna hanya sekitar 3-4 jam. Contoh makanan yang lambat dicerna antara lain makanan yang mengandung padi-padian (grain) dan biji-bijian (gandum, buncis, kacang, tepung biji gandum, nasi putih, dll). Makanan yang mengandung serat seperti sayur mayur dan buah buahan. Jenis makanan ini biasa dikategorikan sebagai karbohidrat kompleks.

Baca JugaCara Menunda Lapar Saat Berpuasa

Sedangkan contoh makanan yang cepat dicerna adalah makanan yang mengandung gula, tepung terigu, dll. Biasa digolongkan sebagai karbohidrat sederhana.

Selain itu hal yang juga perlu diperhatikan saat sahur adalah asupan makanan seimbang, mengandung semua komponen zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan tidak lupa juga susu maupun produk olahannya.

Nah sahabat, betapa pentingnya sahur selain telah dianjurkan sesuai ajaran agama, juga secara ilmiah. Jangan tinggalkan sahur agar puasa yang dijalankan berjalan dengan lebih baik sehingga mampu mendatangkan kemanfaatan dan kebaikan maksimal.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan Wassalam.


Sumber :

Materi siaran "Bincang Sehat" edisi khusus Ramadhan 1437 H, Bahana 97.8 FM. Oleh dr Kus Ageriyawan (Klinik Persada Medika PT Pamapersada Nusantara Dist.KPCS Sangatta, Kutim Kaltim.



No comments:

Post a Comment