Begini Cara Berolahraga Saat Puasa

 
Jogging saat berpuasa
Ilustrasi : Jogging

 

Berpuasa bukanlah halangan bagi kita untuk menjalankan olahraga. Justru aktifitas olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Kalau peredaran darah lancar maka tubuh akan tetap sehat dan bugar. Berikut beberapa kiat cara berolahraga saat puasa.


produksispot.blogspot.com - Tidak terkecuali dibulan puasa. Kesehatan dan kebugaran tubuh jadi hal utama. Untuk memastikan puasa bisa kita jalankan dengan sebaik-baiknya, tentu kita harus konsen menjaga kualitas kesehatan. Salah satunya dengan tetap rajin melakukan olahraga.

Mengapa berolahraga ini tetap penting termasuk saat berpuasa ?

Salah satu fungsi puasa itu sendiri adalah dalam proses detoksifikasi sederhana untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Sedangkan proses detoksifikasi ini akan berjalan baik apabila sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening juga berjalan dengan baik. Nah disinilah peran penting olahraga atau aktifitas fisik itu.

Oleh karenanya, aktifitas fisik seperti olahraga tidak perlu ditinggalkan selama berpuasa. Bahkan harus tetap rutin dilakukan. Hanya saja intensitasnya perlu dikurangi karena cadangan energi yang kita miliki selama berpuasa terbatas.

Baca Juga : Segerakan Berbuka

Olahraga apa yang dapat dilakukan selama berpuasa ?

Pilihlah olahraga sederhana serta tidak terlalu menghabiskan banyak energi dan cairan tubuh. Contohnya seperti berjalan kaki, lari-lari kecil, bersepeda, yoga atau semacamanya.

Kapan waktu ideal berolahraga saat berpuasa ?

Lakukanlah olahraga sekitar 30 menit hingga 2 jam sebelum waktu berbuka. Sebaliknya, hindari olahraga setelah sahur atau shalat subuh, walaupun tubuh kita memang terasa segar pada waktu itu. Karena, cadangan energi kita untuk aktifitas satu hari akan lebih dulu terkuras dan akan mengakibatkan kita merasa lemas seharian.

Nah sahabat tetap asyik ya dengan olahraga ringan selama puasa. Pasti nambah sehat. Insya Allah.

Sekian dulu kali ini dan sukses selalu untuk sahabat semua. Wassalam    


Pic : flickr.com


No comments:

Post a Comment