Hikmah Zakat

Berbagai Hikmah zakat

  

Semua perintah dalam agama tentu sarat dengan hikmah, dengan manfaat. Tidak terkecuali zakat. Banyak sekali hikmah yang terkandung didalam zakat.


produksispot.blogspot.com - Sebagai hamba beriman setiap kita tentu meyakini tidak ada sesuatupun yang diciptakanNya sia-sia. Semua pasti penuh hikmah. Walau hanya sebatas gugurnya daun kering ke tanah.

Khusus dalam hal zakat, terdapat banyak sekali hikmah. Diantaranya :

1. Alat pembersih jiwa

Zakat itu dapat menjadi perisai, pelindung sekaligus pembersih jiwa seseorang. Jiwa menjadi lebih hidup serta semakin jelas melihat dan menetapi jalan yang diridhoiNya.  Pembersih diri dan harta dari segala sifat-sifat kikir, bakhil dan sejenisnya (Al-Qur'an 9 : 103).

2. Mendapat pahala yang besar (Al-Qur'an 4 : 162).


3. Sebagai pembersih harta

Seperti sebuah hadits : "Allah SWT telah menjadikan zakat itu sebagai pembersih bagi harta" (HR. Bukhari)


4.  Mendapat kedudukan istimewa di sisiNya

Orang yang berzakat termasuk dalam 7 golongan yang akan dinaungi Allah SWT kelak di hari akhirat. " Ada 7 golongan yang akan dinaungi Allah pada hari kiamat kelak... (salah satunya diantaranya) ialah orang yang bersedekah dengan merahasiakannya agar keikhlasannya terjaga ". (HR. Bukhari)


Mungkin juga perlu dibaca : Jenis-jenis Zakat


5. Merasakan nikmatnya iman

Hidup mau tenang ? Jangan ragu berzakat. Dengan berzakat kita bisa merasakan nikmatnya cita rasa Iman sehingga memunculkan ketenangan dalam hati.  "Ada tiga hal, barang siapa yang melakukan tiga hal itu, niscaya dia merasakan cita rasa Iman.... (salah satunya) ialah mengeluarkan zakat hartanya dengan hati yang baik dan ikhlas ..." (HR. Abu Daud)


6. Menumbuh-kembangkan harta (semakin bertambah dan berkembang)

Seperti yang disebutkan dalam firmanNya dalam Al-Qur'an 2 : 267 atau Al-Qur'an 2 : 261.


7. Membantu meringankan beban kaum fakir / miskin.

" Allah SWT mewajibkan bagi orang-orang kaya muslim agar mengeluarkan sebagian harta mereka untuk membantu fakir miskin diantara mereka. Para fakir miskin tidak akan mampu berjihat dalam keadaan lapar kecuali mereka dibantu orang-orang kaya yang ada diantara mereka...." (HR. Thabrani)


8. Zakat memelihara harta orang kaya

" Peliharalah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan sedekah dan tolaklah bala dengan do'a ". (HR. Thabrani dan Ibnu Mas'ud)

Beberapa hikmah diatas adalah sebagian kecil saja. Bermacam dan hikmah tak terhitung lainnya tentu masih banyak lagi.
Wallaahu a'lam. Wassalam



Referensi : Risalah Zakat - Panduan Untuk Amilin dan Muzakki (DPU Cabang Kutai Timur) Kaltim.




No comments:

Post a Comment