Jenis-Jenis Zakat

Zakat Fitrah
Ilustrasi (flickr.com)

 

Mensucikan jiwa sekaligus keberadaan harta dengan berzakat. Salah satu kewajiban sebagaimana Rukun Islam. Mari kita kenali apa saja jenis zakat.


produksispot.blogspot.com - Secara umum zakat dibagi dalam 2 jenis :

1. Zakat Fitrah (Zakat nafs/jiwa).

Zakat ini diwajibkan disetiap bulan ramadhan. Pembayarannya boleh dilakukan sejak awal ramadhan hingga sebelum datang waktu melakukan shalat I'd. Pembayaran zakat harta per-orang ini adalah sebanyak satu Sha' (kurang lebih 2,5 kg bahan makanan pokok) atau dengan uang seharga 2,5 kg bahan makanan pokok.

2. Zakat Maal (Harta)

Zakat maal (harta) ini adalah harta baik dari hasil usaha atau hasil bumi. Zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki seseorang atau lembaga dengan syarat atau ketentuan sebagaimana yang telah ditetapkan. Termasuk dalam jenis ini adalah zakat perniagaan, pertanian, peternakan, hasil tambang, rikaz, emas/perak.


Mungkin juga berguna dibaca :   Hikmah Zakat


Satu jenis zakat lainnya yaitu :

3. Zakat Profesi

Yang termasuk dalam zakat ini adalah penghasilan yang didapat dari pekerjaan / keahlian profesi tertentu baik dilakukan sendiri maupun lembaga. Misalnya dokter, konsultan, perawat, dosen, guru, penjahit, pengacara, dll. Nisabnya adalah jika senilai dengan 520 kg bahan makanan pokok ketika diterima.


Nah sahabat demikian tentang Jenis-Jenis Zakat. Moga manfaat. Wassalam.



Referensi : Risalah Zakat - Panduan Untuk Amiliin dan Muzakki ( DPU Cabang Kutai Timur, Kaltim)




No comments:

Post a Comment