Pembayaran dan Penyaluran Zakat

Pembayaran dan Penyaluran Zakat


Agar zakat yang kita tunaikan sah dan tepat sasaran, jangan ragu mendatangi pos pelayanan Badan Amil atau Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) yang banyak tersebar di daerah kita masing-masing.


produksispot.blogspot.com - Salah satu landasan hukum atau dalil keberadaan Badan Amil atau Lembaga Pengumpul Zakat sebagaimana sebuah hadits :

Dari Abu Juhaifah : " Telah datang kepada kami seorang pemungut zakat dari Rasulullaah SAW. Maka diambilnya dari orang-orang kaya diantara kami, lalu dibagikannya kepada orang-orang miskin dikalangan kami. Ketika itu saya masih kecil dan yatim pula, maka diberinya saya seekor anak unta ". (HR. Tarmidzi).

Pembayaran Zakat

Pembayaran zakat dilakukan melalui 'Amil Zakat atau Lembaga Pengelola Zakat  (LPZ) yang selanjutnya oleh LPZ akan disalurkan berdasarkan kebutuhan para penerima zakat (mustahiq) yang ada di derah bersangkutan.

Mungkin perlu juga dibacaAlasan Mengapa Berzakat Sebaiknya Ke Lembaga

Penyaluran Zakat

Pembayaran zakat yang dilakukan hendaknya disalurkan kepada para mustahiq dimana muzaqqi (pemberi zakat) itu berada.

Para Fuqaha telah ber-ijma' bahwa boleh memindahkan penyaluran zakat dari satu negeri ke negeri lain jika penduduk negeri yang ditempati muzaqqi tidak memerlukan lagi.

Sahabat demikian secara umum tentang Pembayaran dan Penyaluran Zakat. Semoga bermanfaat. Wassalam.




Referensi : Risalah Zakat - Panduan Untuk Amiliin dan Muzaqqi (DPU Cabang Kutai Timur, Kaltim).




No comments:

Post a Comment