Tunda Lapar Saat Berpuasa Dengan Cara Ini

Tips sehat puasa dr Kus Ageriyawan
dr Kus Ageriyawan 


Tahukah sahabat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis pada saat sahur, malah akan membuat perut lebih cepat lapar. Lantas bagaimana cara menunda lapar saat berpuasa ?


produksispot.blogspot.com - Banyak makan makanan manis saat sahur akan membuat kita cepat lapar disiang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat. Insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Adapun makanan berserat adalah sebaliknya. Makanan mengandung serat membuat proses pencernaan lebih lamban dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap.

Apa lagi yang bisa dilakukan agar rasa lapar tidak buru-buru menyerang saat berpuasa ?  Sedapat mungkin hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan makan berlebihan. Begitu juga dengan asupan minuman saat sahur, seperti teh. Terlalu banyak minum teh akan meningkatkan perannya mengeluarkan lebih banyak urine yang turut membawa garam-garam mineral bermanfaat yang akan dibutuhkan tubuh sepanjang hari puasa.

Baca jugaAgar Puasa Tetap Bugar

Untuk membuat energi dari sahur lebih tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak. Jangan langsung beraktifitas berat atau kembali tidur setelah bersahur. Berilah waktu untuk makanan untuk dicerna terlebih dahulu secara sempurna.

So, mudahkan sahabat. Dengan pengaturan menu dan pola sahur yang tepat, ternyata bisa membuat kita lebih menikmati ibadah puasa dengan rasa lapar yang tidak lagi terasa menyiksa diawal-awal hari puasa kita.


Sumber :

Materi acara spesial "Bincang Sehat" di Bahana 97.8 FM Sangatta, Kutim Kaltim. Oleh dr Kus Ageriyawan (Klinik Persada Medika PT Pamapersada Nusantara Dist.KPCS.

No comments:

Post a Comment