Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Living room




Saat yang paling bahagia adalah saat cuti. Waktu itulah waktu yang sangat berharga karena bisa kumpul bareng keluarga.



produksispot.blogspot.com - Cuti ini mau kemana ya ? Atau kira-kira mau ngapain ya ngisi waktunya di rumah ?

Kadang pertanyaan seperti itu muncul dibenak saat datang waktu cuti. Karena bayangannya, rugi sekali kalau kesempatan ngumpul keluarga tetapi waktunya ngga berkesan. Jadi pasti dah selalu semangat ni nyusun ancer-ancer kegiatan apa yang bakal dilewatin nantinya. Atau syukur kalau berkemampuan traveling ke luar kota atau kemana aja deh, yang penting fun :)

Saya seperti juga mungkin beribu bahkan berjuta saudara lainnya yang ditakdirkan bekerja jauh dari rumah, dari keluarga. Menurut saya sih ngga masalah. Mau dekat, mau jauh dari keluarga, semua tinggal gimana ngejalaninnya. Tinggal yang bersangkutan saja menyikapinya seperti apa. Apapun pilihannya, semua pasti ada plus-minusnya. Ada kelebihan dan kekurangan. Ada tantangannya masing-masing.

Semua orang pasti ingin waktu saat berkumpul bersama keluarga menjadi saat yang berkualitas. Gimana sih caranya, atau kegiatan apa yang bisa kita lakukan agar waktu yang dilewatkan bisa menjadi saat-saat yang membahagiakan ?

Sesuai dengan pengalaman, sedikit gambaran sederhana ni. Ya syukur-syukur kalau bisa ikut nyumbangin ide untuk sahabat :

1. Jadi tukang ojek anak

Jangan ragu ambil alih fungsi istri sebagai pengantar atau pendamping setia anak. Tidak saja ke sekolah. Tetapi juga ke acara-acara lain yang diikuti. Kapan lagi bisa dekat dengan buah hati, selain saat "nganggur" waktu cuti. Ya kan ? :)

Si Mba dan Adek
Ayo kemana, papa mama antar ya... :)


Si Adek Ikut FLS2N
Nemenin dan kasih semangat si Adek waktu ikut
di Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Prop. Kaltim


2. Hang-out bareng

Kapan lagi bisa lewatkan waktu yang fun bersama keluarga selain kalau pas lagi off cuti. Hang-out sekedar jalan-jalanpun okelah.

Si kakak dan Adek wakttu di kota Semarang
Mba dan Adek bareng kawan-kawan di kawasan Kota Lama Semarang


3. Makan diluar

Kalau pas ngumpul, jangan lewatkan juga momen menyantap hidangan favorit. Makan bareng keluarga memang akan terasa lebih nikmat.

Nyam Nyam
Maem bareng di Cafe .. :D


Bareng ponakan
Kalau yang ini, waktu bareng ponakan. Huebuohh deh ... :)


4. Nonton

Kalaupun kegiatan bersama yang sudah ada dirasa belum cukup, lengkapi dengan nonton film yang lagi in. Ini bisa jadi pilihan yang seru juga lo.

Nonton di XXI SCP Samarinda
Nonton Bulan Terbelah di Langit Amerika di Mall


5. Bebersih rumah :)

Kegiatan seru yang juga bisa bikin waktu kita lebih berkualitas adalah kerja bakti beres-beres. Rumah, pekarangan atau sekedar merapikan,membersihkan perabot rumah yang jarang diperhatikan. Suasananya juga terasa lebih semangat, karena dilakukan bersama orang-orang tercinta. Biasanya ini dilakukan waktu anak libur sekolah.

Teras Rumah Sudah Bersih
Teras minimalis memanfaatkan ruang sempit


Teras Rumah Sudah Bersih B
Teras rumah


Ruang Tengah Sudah Bersih
Kalau tetap tertata baik pasti bikin betah



6. Membuat prakarya

Untuk mempercantik ruangan atau dinding, cobalah buat prakarya. Berbagai jenis atau model hiasan dinding misalnya, ngga ada salahnya sesekali dibuat sendiri. Dan yang terpenting kita bisa mengerjakannya dengan melibatkan semua anggota keluarga, untuk melengkapi atau mempercantik rumah. Seperti beberapa contoh hasil kerajinan tangan sendiri di rumah kami ni Gan :)

Pernik emblem


Nomor rumah karya sendiri


Pot Bunga kotak buatan sendiri


Bola Bunga buatan istri


Pot Bunga Untuk tanaman hias


Hiasan dinding sambung
Beberapa hiasan dinding karya tangan sendiri.
Contoh cara buatnya banyak di internet.



7. Kunjungi tempat wisata

Na kalau yang satu ini, semua pasti semangat. Luangkan waktu khusus agar bisa traveling mengunjungi tempat wisata. Ngga harus yang jauh. Yang dekat-dekat juga ngga apa. Selain rekreasi, kita juga bisa sekalian manfaatkan berkunjung ke rumah keluarga.


Waktu di FLS2N Semarang


Waktu mba dan adek di Monas


Ke hutan Mangrove di Bontang Kaltim


Mba dan Adek di Kota Lama Semarang Jateng


Di Pantai Manggar Balikpapan


Baik sahabat, saya kira tentu masih banyak lagi alternatif kegiatan lainnya yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk menandai perjalanan waktu saat menikmati cuti. Intinya hargai waktu. Sayang kalau terlewat begitu saja tanpa kesan dan pengalaman baru yang menyenangkan sekaligus bermanfaat. Buat kegiatan positif supaya waktu jadi berkualitas.

Nah, sekian dulu singkat sharing pengalaman sederhana lewat artikel Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga ini. Mohon maaf kurang lebihnya dan sekali lagi mudah-mudahan ada manfaatnya.

Terima kasih sudah membaca dan tetap sukses untuk kita semua. Aamiin...

Wassalam



No comments:

Post a Comment