Ekspresi Seni di Kampung Cyber Yogyakarta

Lukisan Sanggar Kalpika Yogya
Memural. Salah satu corak lukisan ditembok Kampung Cyber Yogyakarta

Untuk sahabat yang berpetualang sejarah dengan segudang misteri di Taman Sari Yogyakarta, pasti bakal ketemu juga dengan satu kampung yang khas. Ya khas warganya. Ya khas corak lingkungannya. Lokasinya masih berada dalam kompleks Situs Sejarah Taman Sari. Kampung Cyber namanya.


produksispot.blogspot.com -  Kalau kita masuk disatu kampung yang masih terletak dalam kompleks tempat wisata Taman Sari ini, sontak pemandangan berubah. Terutama dari warna-warni yang lumayan kontras. Kanan, kiri, depan, atas, bawah. Eh, bawahnya ngga juga ding. Secara, cuman jalan semen biasa sih. Hihi ...

Dinding lukis Sanggar Kalpika Yogya

Ngga cuman warna warni lukisan dindingnya. Mural di tembok-tembok kampung ini juga sarat muatan lokal, berkat sisipan motif khas Jawa. Seperti gambar diatas kan keliatan tu. Sepanjang jalan, asik aja nengok kanan kiri, menikmati hamparan aneka motif lukisan yang wokeh pastinya. :)

Waroeng Loekis Kampung Cyber

Ya. Ini memang buah dari kekayaan ide sekaligus ekspresi warga di RT 36 Kampung Cyber Yogyakarta. Maksudnya biar pengunjung atau wisatawan jadi tambah betah kalau jalan-jalan ke kampung mereka. Warganya canggih, kampungnya elok dengan pernak pernik mural. Tahun 2014 lalu, CEO Facebook, Mark E Z sempat juga mampir ke sini. Sambutannya cukup baik. Apalagi media sosial yang dia ciptakan bukan barang asing bagi warga kampung.

Kampung Cyber dihuni oleh warga yang melek tehnologi khususnya informasi dan komunikasi internet. Tiap rumah dilengkapi dengan akses internet memadai. Gerakan masyarakat ini digagas mulai tahun 2008 oleh Antonius Sasongko. Awalnya bertujuan untuk membangun sebuah jaringan komunikasi antar warga kampung Patehan Keraton dengan memanfaatkan tehnologi internet. Sampai sekarang ternyata cukup sukses. Bahkan kabarnya Kampung Cyber sudah mulai terkenal didunia sejak beberapa tahun lalu. Makanya "mas" Mark :) sampai ikut tertarik buat ngeliat langsung keberadaan kampung khas di jantung kota Yogyakarta ini. :)

Mural didinding Kampung Cyber

Kalau liat mural ditembok-tembok Kampung Cyber sih ngga heran. Karena kampung ini memberikan ruang yang cukup untuk ekspresi para seniman. Dikenal dengan para seniman lukis batik dan kaosnya, menjadikan Kampung Cyber tambah ciamik dan layaklah menyandang predikat sebagai salah satu kampung unik. Ngga hanya ditanah air tetapi juga bukan tidak mungkin, didunia.

Nah, begitu dulu deh catatan ringan kali ini, hasil jalan-jalan waktu liat-liat situs Taman Sari Yogyakarta tempo hari. Semoga manfaat. Paling tidak, ya buat ikut nambahin list tujuan sahabat yang mungkin mau main ke Yogya. :)

Makasih sudah membaca dan ngga lupa semoga sukses buat sahabat semua.

Wassalam


No comments:

Post a Comment