Puncak Hutan Pinus Pengger dan Mangunan Yogyakarta

Hutan Pinus Pengger Dlingo Yogyakarta
Hutan Pinus Mangunan Kab. Bantul Yogyakarta


Kalau udah capek dan sumpek menjalani hari, coba kesegaran alam dan keindahan alam hutan pinus Mangunan. Waktu liburan bersama keluarga atau teman, kawasan ini menawarkan kesegaran dan kesejukan yang lumayan. Bikin sumpek dan bosen mabur. 


produksispot.blogspot.com - Coba saja sahabat buktikan sendiri. Hawa segar dan sejuk langsung kerasa seketika masuk dikawasan puncak hutan pinus ini. Namanya Mangunan. Tepatnya berada di Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta.

Panas terik siang itu tak mampu menghalangi sejuknya semilir angin yang menerpa kulit. Menyegarkan raga. Hawanyapun dingin. Kalau masih dalam kabin mobil, matikan aja ACnya. Buka jendela, rasakan.  Kepungan hawa disini mirip seperti hembusan udara dari blower AC. Dingin-dingin gimana gitu :)

Sedangkan disisi lain soal pengelolaannya, menurut saya sih sudah cukup baik. Sebagai area rekresi, fasilitas disini cukup akomodatif koq untuk menampung berbagai kebutuhan costumer. Dari keperluan pribadi, keluarga hingga institusi/kelompok. Tempat ini bagi masyarakat DIY juga dikenal sebagai salah satu areal outbond. Waktu kami berkunjung ke tempat ini tampak satu atau dua komunitas yang sedang melakukan kegiatan.

Selanjutnya langsung aja beberapa penampakan area wisata hutan pinus Mangunan :

Gerbang depan tempat retribusi pengunjung
Pintu masuk Hutan Pinus Mangunan

Area depan dengan penunjuk arah dan fasilitas

Penunjuk arah
Toilet, mushalla dan tempat wudhu

Mushalla hutan pinus pengger
Mushalla hutan pinus Mangunan


Selain fasilitas umum, dikawasan wisata ini juga tersedia fasilitas khusus seperti pondokan sederhana untuk keperluan meeting atau presentasi. Ada juga hammock dengan harga sewa relatif murah. Hanya dengan Rp.10.000, penyewa sudah bisa make sampe puas alias sampe keblinger selama berada dalam kawasan ini. :)

Vino dan panji
Hammock bikin tambah ngantuk :)
Apalagi pas habis maem. Hoaammm...



Sementara untuk memenuhi keperluan seperti foto-foto, tenang, disini juga banyak spotnya. Bagus-bagus.

Sebenarnya Mangunan ini bukan satu-satunya. Masih ada tempat serupa lain yang ngga kalah asik. Seperti areal puncak hutan Pinus Pengger atau Becici yang sama tersohornya. Alhamdulillaah, sempat juga berkunjung kesini :)

Menuju puncak Pengger
Mendaki puncak hutan pinus Pengger 

Fotoboot bersama keluarga
Salah satu spot foto Hutan Pinus Pengger

Fotoboot puncak hutan pinus Pengger
Berfoto disini banyak yang ngantri. Bayar tempatnya sukarela :)

Bukit pandang hutan pinus Pengger
Bukit Pandang puncak hutan pinus Pengger

Well, asyik, sejuk, asri. Begitulah kira-kira kesan usai mampir dari sini. Pengunjung yang datang lumayan banyak. Terutama saat week-end atau hari libur. Kalau di puncak Pengger ada bukit pandang, kembali ke hutan pinus Mangunan, juga ada spot-spot menarik yang apik. Baik untuk berfoto maupun sekedar menikmati indahnya alam sekitar.

Taman Bunga
Taman Bunga Hutan Pinus Mangunan


Nah sahabat, sekian dulu artikel sederhana kali ini tentang kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan dan sedikit tentang puncak hutan pinus Pengger. Mudah-mudahan ada manfaatnya ikut membantu referensi liburan sahabat.

Sukses untuk semua dan wassalam.



No comments:

Post a Comment