Adu Nasib Sang Ahli Kunci

Pak Adi mangkal di D.I Pandjaitan Samarinda


Kerasnya perjuangan hidup mengharuskan setiap orang memberdayakan segala kemampuan dirinya. Apapun keahlian yang dimiliki harus dapat dimaksimalkan demi sesuap nasi.


produksispot.blogspot.com - Tidak terkecuali pria yang satu ini. Namanya Adi. Terlihat tidak begitu tua. Secara fisik juga masih segar. Beliau sudah berkeluarga. Dikarunia seorang anak berusia 2 tahun.

Siang itu, saya mampir ke lapak sederhana Pak Adi karena satu keperluan. Kebetulan ingin menduplikasi kunci motor. Meskipun akhirnya ngga jadi. Karena si empunya motor, kemanakan saya, ternyata masih nyimpan kunci serepnya. "Tapi ngga apa ya Pak Adi, saya manfaatkan ngobrol santai sebentar sama bapak, sebelum lanjutkan perjalanan ke kantor", begitu saya katakan ke beliau sesaat setelah dapat kabar dari rumah perihal kunci serep.

Pak Adi mengaku tinggal di bilangan jalan Damanhuri. Setiap hari mangkal di pinggir jalan D.I Pandjaitan. Tepatnya di depan SDI Bunga Bangsa. Kecuali saat cuaca tak bersahabat, pria pendiam ini memilih balik pulang ke rumah.

Ditanya pendapatannya sebagai ahli kunci, Pak Adi secara umum mengatakan pas-pasan saja. Kalau sepi, sekitar 100 ribuan /  hari. Sedangkan kalau lagi ramai, pendapatnnya bisa naik 3 sampai 4 kali lipat.

Pak Adi saat menunggu costumer jasanya

Dilihat-lihat, tools yang dipergunakan cukup sederhana. Kalau dihitung termasuk satu unit sepeda motornya, modal membuka usaha ini tergolong tidak terlalu besar. Sekitar 6-8 jutaan. Itupun menurutnya semua perkakas itu dikumpul secara bertahap. Dicicil satu persatu dulu belinya. Barulah bisa menjadi lebih lengkap seperti sekarang.

"Oke lah Pak, ngga kerasa sudah hampir jam 11, saya harus lanjut dulu," kata saya berniat mengakhiri perbincangan. "Mudah-mudahan lancar dan sukses usahanya ya Pak. Maaf ni sekali lagi, belum jadi bikin kuncinya," tambah saya, sedikit sungkan. Tetapi dengan ramah Pak Adi menjawab, " Oh iya, ngga apa-apa."

Nah sahabat, begitulah sedikit tentang Pak Adi, seorang ahli kunci yang sempat jadi teman ngobrol saat itu. Oh ya bagi sahabat pembaca yang mungkin punya keperluan soal kunci-mengunci :) bisa langsung kontak aja ke no hp beliau yah. Seperti yang tertulis diplang nama dibelakang motornya, 0813 450 80384.

Kita doakan yuk, siapapun saudara kita yang tengah menempuh jalan usaha seperti Pak Adi, senantiasa dikaruniakan kesehatan supaya bisa terus bekerja. Selalu dibimbing berada dalam kebaikan dan dikuatkan tetap gigih berikhtiar. Aamiin.

Sekian dulu ya Sob, moga manfaat. Tak lupa juga, moga sukses untuk kita semua.

Wassalam.

No comments:

Post a Comment