Maksimalkan Foto Untuk Promosi, UMKM Kursus Sederhana Fotografi

Kursus Kilat Sederhana Fotografi
Peserta Kursus Sederhana Fotografi dari UKM Pabanet Sangatta
antusias ikuti arahan instruktur

Sebanyak 10 peserta perwakilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Banua Etam mengikuti pelatihan fotografi sederhana di kantor LPB, Desa Swarga Bara, Sangatta Utara, Kutai Timur.


produksispot.blogspot.com - Pelatihan yang dilaksanakan beberapa bulan lalu ini berlangsung kilat selama kurang lebih 7 jam. Instrukturnya berasal dari komunitas fotografer kota Bontang yaitu M Ilham Parma dan Susan Nurlita Oktavia.

Hingga saat ini masih banyak UMKM yang terkendala trik memotret sederhana dan murah namun menghasilkan foto menarik layaknya foto studio. Untuk itulah, UMKM kemudian diajarkan bagaimana tehnik pengambilan gambar yang baik sehingga dapat menghasilkan karya foto menarik meski menggunakan sarana sederhana. Cara ini sangat penting mengingat penampilan foto produk yang apik, sedikit banyak akan ikut berpengaruh pada minat viewers atau pembaca. Salah satunya di media sosial.

Cara yang ada selama ini, biasanya para pelaku UMKM melakukan pemotretan produk secara simpel. Bahkan mungkin terkesan seadanya. Belum begitu memperhatikan beberapa aspek seperti sudut atau pencahayaan. Padahal kalau foto dari produk bisa dimaksimalkan tentu akan lebih dapat memancing minat calon costumer. Kalau promosi maksimal dengan foto-foto yang bagus, penjualan produk diharapkan bisa lebih terangkat.
Membuat Light Box
Cara membuat Light-Box oleh instruktur
Setelah kursus singkat dan sederhana ini diharapkan para pelaku UMKM khususnya mitra LPB Pabanet memiliki anggota yang lebih terampil memanfaatkan media foto sebagai penyampai pesan promotif kepada khalayak. Yang pada akhirnya mampu mendongkrak hasil penjualan sekaligus kualitas produk andalan masing-masing.

Selamat berfotografi.



Sumber : Buletin LPB Pama Banua Etam 2017

No comments:

Post a Comment