Santai di Pantai Teluk Lombok Sangatta, Kutai Timur

Properti Pertamina desa Sangkima Sangatta
Sudut panorama pantai Teluk Lombok Sangatta


Kala fisik mental mulai suntuk, tidak ada salahnya rekreasilah sejenak. Kita bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata yang indah. Karena bagaimanapun rehat atau santai sejenak itu adalah hak tubuh dan fikiran. Harus dijaga keseimbangannya supaya hidup tetap senang, bahagia, ternikmati dengan baik.


produksispot.blogspot.com - Beri jeda atau break rutinitas padat dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan. Kongkow bareng teman atau sahabat, melakukan aktifitas hobi, olahraga atau rekreasi. Khusus soal rekreasi, saya bagiin kali ini, sedikit kesan saat bersantai sejenak ke salah satu objek wisata yang sudah tidak asing lagi di Sangatta. Pantai Teluk Lombok.

Menikmati keindahan alam jadi kesempatan berharga. Hari itu saya koq kangen pantai ya. Mungkin karena pas liburan ke pantai sama keluarga beberapa waktu lalu, kesannya begitu menggoda. ðŸ˜ŠðŸ˜Š Jadi, beberapa bulan sudah ngga ke pantai, hatiku lalu dirundung rindu.

Fikir-fikir daripada suntuk, mending jadiin pergi ah. Meski sekali lagi, sakitnya tuh disini. Ada rasa yg kurang kalau plesiran tanpa mereka, istri dan kedua putrikuh tercintah *haduh, ini curcol ya ... ?   

Okey lah. Emmm... sebenarnya dikatakan plesiran beneran sih ngga juga. Pertama, karena ngga lagi libur kerja. Kedua, tempatnya ngga jauh. Pantai Teluk Lombok ini relatif dapat dicapai dengan mudah. Akses masuknya yang saya tahu ada dua. Lewat jalan Pertamina di jalan poros Bontang-Sangatta dan lewat jalan A Moeis Sangatta Selatan (masuk ke kiri simpang SPBU). Karena saya stay di Sangatta jadi lewat jalan A Moeis.

Ikuti saja jalan besar belok kiri SPBU ini, sampai di sebuah tikungan yang kalau kita menoleh ke kanan tampak jalan tanah.

Akses masuk menuju pantai Teluk Lombok Sangatta
Akses masuk menuju pantai Teluk Lombok Sangatta Selatan
Menyusuri akses masuk yang lumayan berdebu dan licin bahkan sebagian becek saat musim hujan. Karena jalan perusahaan, di sepanjang jalan ini seingat saya minim penunjuk arah ke pantai Teluk Lomboknya. Hanya rambu khusus perusahaan yang dipasang di sisi kiri. Tapi untunglah ada rambu "hidup" yang super canggih yang bisa kita jadikan patokan. Yaitu keterangan penduduk setempat.  Jika perjalanan lancar, kurang lebih 30 menitanlah kita akan sampai di gerbang pantai Teluk Lombok.

Gerbang pantai Teluk Lombok Sangatta
Gerbang pantai Teluk Lombok
Kalau sudah berhasil nyampe sini, agak lega ni. Meski harus tetap berhati-hati, licin atau berdebu.

Sampai di pantai. Eh, ngga kerasa sudah hampir jam setengah empat. Berarti kurang lebih sejam dari titik start di rumah adik jalan Karya Etam sampai ke sini. Karena harinya cerah jadi lumayan gerah. Langsung nyari tempat istirahat dulu menawar haus dan sedikit penat.

Sarana rumah ibadah di pantai Teluk Lombok Sangatta
Sarana ibadah perkampungan pantai Teluk Lombok. Masjid Al Ikhlas.
Areal wisata Pantai Teluk Lombok berada di desa Sangkima, kecamatan Sangatta Selatan, Kutai Timur, Kaltim. Dominan dihuni oleh saudara kita dari Sulawesi Selatan (suku Bugis). Anak-anak bermain dihalaman rumah, berlarian saling kejar dan bercanda. Disudut sana dibawah pohon juga nampak satu dua orang nelayan sedang berbenah peralatan. Begitulah pemandangan dan suasana yang saya temui waktu itu. Sarana umum layaknya sebuah perkampungan sekaligus rekreasi juga tersedia. Ada masjid, lapangan olahraga, pondokan kayu, kedai makan dan minum, dan sebagainya. Ohya karena masih masuk kawasan perusahaan, tidak ketinggalan juga beberapa sarana/properti khusus milik perusahaan.

Pondok tempat bersantai pantai Teluk Lombok
Tempat bersantai pinggir pantai
Duduk-duduk di pondokan pinggir pantai. Menikmati desir angin seiring gulungan ombak tipis yang bergantian berpendar ditepi. Paduan biru langit dan garis laut yang terbentang dihadapan jadi sahabat yang mengakrabi. Pengen sih main air tapi ngga bawa ganti. Jadi ya cukup santai ngopi saja.

Bermain Banana Boat pantai Teluk Lombok Sangatta
Naik Banana Boat
Saat ke sini pengunjung lumayan banyak. Padahal baru hari Jum'at. Tapi hitungannya mungkin udah week-end kali ya. Tampak pengunjung sekeluarga, atau rombongan anak muda. Ada yang main Banana boat, berenang atau sekedar bermain air. Ada juga yang bakar-bakar ikan, mendirikan tenda, nyanyi bersama lengkap dengan iringan gitarnya.

Pondokan sewaan di pantai Teluk Lombok Sangatta
Salah satu pondokan yang bisa disewa
Pantai Teluk Lombok juga teduh. Selain karena rimbunnya pepohonan juga banyak pondokan gratis atau yang bisa disewa disini. Jadi ngga bakal kepanasan.

Panoramanya cukup khas. Sudut-sudut pantai jadi antik, dengan tumbuhan bakau. Saat air laut pasang, pantai ini tambah ciamik. Agak beda memang kalau air laut sedang surut.

Salah satu sudut pemandangan pantai Teluk Lombok Sangatta
Bakau dan laut pantai Teluk Lombok
Jadi senang liat pemandangan kaya begini. Bakau yang terbenam karena pasangnya air laut. Ada satu view bagus lagi sob. Seperti ini

View hutan bakau pantai Teluk Lombok Sangatta
Pohon bakau dan perahu nelayan pantai Teluk Lombok
Nah asikkan ? Pantai Teluk Lombok yang indah. Lumayan dapet apa yang saya inginkan. Alhamdulillaah. Tempat bersantai pantai gitu. Sejenak bisa bebas dari beban rutinitas. Cukuplah buat penyegaran. Sobat jugakan ? Akan happy ketika dapat menikmati segala sesuatu yang indah plus suasana yang beda dari apa yang biasa melingkupi keseharian.

Dan cukup sekian dulu, sedikit oleh-oleh informasi wisata kali ini. Moga manfaat jadi tambahan referensi.

Rekreasi di pantai Teluk Lombok
Bersantai di pantai Teluk Lombok
Jangan ragu rekreasi kalau sudah mulai suntuk. Karena menikmati hidup itu sebenarnya sederhana koq. Tinggal gimana kitanya aja. So, jangan lupa (kan) bahagia. ðŸ˜ŠðŸ˜Š ðŸ˜ŠðŸ˜Š ðŸ˜ŠðŸ˜Š


Wassalam

No comments:

Post a Comment