Cara Membuat Iklan Program Acara Spesial Radio

Pembuatan radio exposure
Proses pembuatan Radio Exposure 

Di dunia radio tentu kita semua mengenal istilah iklan atau yang dikenal dengan istilah Radio Exposure. Bagaimana cara membuatnya ? 

produksispot.blogspot.com - Iklan radio atau radio exposure adalah satu bentuk komposisi file audio yang dibuat untuk tujuan tertentu. Biasanya untuk tujuan mempromosikan satu produk baik itu komersial maupun non komersial, termasuk untuk program acara spesial radio. 

Radio exposure terdiri dari beberapa unsur seperti voice narasi, latar musik dan sound effect yang ditata apik hingga membentuk komposisi yang enak untuk didengar.

Durasi produk audio radio exposure ini biasanya berada di rentang antara 15 hingga 120 detik (setengah hingga 2 menit). Meski sifatnya tetap relatif tergantung kebutuhan. Ada juga yang durasinya lebih panjang dari 2 menit.

Pada umumnya untuk membuat iklan atau radio exposure ini diperlukan kreatifitas, kejelian untuk menampilkan sisi paling menarik. Hal itu dimaksudkan agar pendengar tertarik untuk menyimak, mengerti pesan yang disampaikan yang pada akhirnya berminat melakukan sesuatu seperti pesan yang disampaikan dalam radio exposure yang didengarnya.

Tahapan membuat radio exposure umumnya terdiri dari :

1. Penggalian ide
2. Penulisan naskah
3. Perekaman vokal (Voice over)
4. Mixing dan editing hasil rekaman
5. Finishing atau penyempurnaan hasil komposisi.

Semua tahapan kerja pembuatan Radio exposure diatas, adalah kerja kreatif. Saling terkait satu sama lain. Kalau sampai pada tahap ke 4, disitulah yang menurut saya tahapan yang paling krusial. Diperlukan kecermatan peramuan semua komponen yang sudah ada agar bisa menghasilkan produk audio dengan kualitas terbaik seperti yang diharapkan.

Gambaran tentang proses pembuatan radio exposure (Tahap 4 & 5) seperti yang sudah saya sharing melalui konten di channel saya Agus Parawansa

Videonya bisa sobat simak disini :
Semoga bermanfaat. Salam sukses untuk kita semua.
Wassalam.

No comments:

Post a Comment