Rahasia Proses Editing Audio yang Benar di Cool Edit Pro

Workspace single wave cool edit pro
Workspace Single Wave Cool edit Pro

Rahasia agar kualitas audio tidak anjlok setelah di noice reduction. Kadang setelah di hilangkan noicenya pake Noice Reduction, kualitas audio jadi menurun. Apa penyebabnya?

produksispot.blogspot.com - Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa file asli audio yang akan diproses berkualitas baik. Artinya secanggih apapun software editing akan tetap ngga bisa merubah kualitas, kalau memang kualitas audio sudah buruk sejak awal.

Oke. Anggaplah kita punya file audio dengan kualitas perekaman standar. Maka kita bisa memprosesnya.

Pada umumnya kekeliruan muncul karena operator kurang teliti dalam melakukan proses editing file audio. Terutama urutannya.Walaupun terkesan seperti tidak berpengaruh, tapi menurut saya, urutan proses yang tidak tepat juga berperan mempengaruhi kualitas akhir audio.

Seperti biasa, khusus untuk produk audio seperti vocal narasi, dengan metode yang saya gunakan ada 3 (tiga). Sesuai urutannya yaitu dari menu effects masuk ke :

1. Filters - Parametric Equalizer
2. Amplitude - Dinamic Processing
3. Noise Reduction - Noise Reduction

Nah, ketiga proses itu sebaiknya dieksekusi sesuai urutan agar hasil maksimal. Kalau tidak urut, menurut pengalaman saya, akan merubah kualitas kejernihan atau realistiknya audio.
Lalu gimana gambaran cara editing agar kualitas audio tidak anjlok ? Singkat dalam video ini akan mengungkapkan rahasia itu kepada Sobat.

Semoga manfaat. Good luck.




No comments:

Post a Comment