Cara Menghilangkan Pumpin Suara Narasi di Cool Edit Pro

Perhatikan tehnik micing agar terhindar dari pumpin
"Pumpin" bisa dihindari dengan memperhatikan tehnik micing yang benar 


Setelah proses rekaman suara narator, terkadang hasilnya menjadi kurang bagus karena adanya "pumpin" (baca : pampin). Pumpin itu semacam gangguan suara yang ditimbulkan karena bukaan kejut hembusan nafas narator melalui bibir yang tertangkap oleh mic. Pumpin biasanya terjadi saat narator menyebutkan kata yang mengandung huruf seperti "b" atau "p". Letupan suara pumpin ini cukup mengganggu. Suara seperti "dug-dug" atau "peg-peg" diujung atau awal kata, bikin suara narasi jadi ngga mulus. 


produksispot.blogspot.com - Apalagi kalau kita monitornya pake headphone atau pas lagi dengar lewat speaker besar. Kalau ada yang pumpin, pasti kentara banget. Na ini ni yang bikin ngga sreg. Pengambilan suaranya terkesan kurang "nggenah". Kita bisa simak contoh sederhana adanya pumpin pada bagian narasi berikut ini. Oya sebelumnya ini transkrip sampel audionya : "Simak, setiaP hari senin dan jum'at jam 9 malam" . Ok. Sekarang kita fokus pada akhir kata "setiap". Disana ada pumpinnya.





Gimana, kedengarankan sahabat ? Nah, akan berbeda dengan hasil narasi berikut ini yang pumpinnya sudah dieliminir. Di tempat yang sama yaitu diujung kata "setiap"nya, sudah tidak ada pumpin. Monggo.





Yah, memang beda-beda tipis saja. Tetapi kalau mau hasil kerja yang lebih sempurna, ya tidak ada salahnya, hal-hal seperti pumpin ini hendaknya juga diantisipasi.

Nah sampailah kita pada inti tulisan ini yaitu bagaimana cara menghilangkan pumpin. Caranya mudah saja. Kuncinya hanya butuh sedikit kesabaran dan ketelitian. Mari kita cek gambar berikut ini :

1. Gambar 1 terlihat single wave yang mengandung pumpin.

Pumpin bisa terlihat dari besaran wave
Gambar 1 : Wave yang mengandung Pumpin pada akhir kata "setiap". 


2. Gambar 2 Penampakan grafik zoom single wave yang mengandung pumpin.

Area pumpin dapat terlacak lewat tampilan grafik wave
Gambar 2 : Zoom dari Gambar 1. Area pumpin dapat terlacak lewat tampilan grafik wave


3. Setelah kita ketahui sumber pumpin, tinggal zoom dan blok bagian pumpin itu. Pastikan area yang akan didelete tidak terlalu melebar dari titik pumpin. Seperti pada Gambar 3, fix-kan sekali lagi titik pumpin yang nantinya akan didelete.

Re-fixing titik pumpin yang akan di delete
Gambar 3 : Re-fixing titik pumpin yang akan didelete

4. Setelah fix pada titik pumpin yang akan dihapus, tinggal tekan delete. Done. Suarapun akan menjadi mulus. Gambar 4 adalah grafik yang sudah bebas dari pumpin.

Pastikan area yang tepat di titik pumpin
Gambar 4 : Wave yang sudah bebas dari pumpin

Sangat-sangat simpelkan caranya ? Nah sahabat, ada beberapa kiat untuk membantu kita agar terhindar dari pumpin saat melakukan proses rekaman vocal narasi atau dialog. Diantaranya  :

1. Perhatikan jarak mulut dengan mic atau tehnik Micing. Usahakan jarak mulut konstan atau tetap pada posisi terbaik seperti pada waktu testing input suara. Jika berubah-ubah menjadi terlalu jauh atau terlalu dekat, maka selain suara yang terekam tidak stabil juga lebih rentan menimbulkan pumpin.

2. Siapkan naskah dengan baik dan siap baca. Trial and error dengan mencoba merekam suara dengan spontan akan menjadikan vocal yang keluar tidak stabil terutama powernya. Selain itu artikulasi maupun intonasi juga cenderung akan kurang terkontrol. So, pasti bakal bolak-balik lagi take vocalnya. Malah pemborosan waktu dong jadinya.

3. Gunakan tipe dan merk mic yang sesuai standart broadcast / studio rekaman. Menggunakan sembarang mic, maka bukan tidak mungkin suara kita bakal pumpin semuanya ! Haha... *Oooopss

4. Gunakan karet busa pelindung mic. Banyak koq yang jual. Dari yang model biasa sampai yang luar biasa.

5. Faktor skill narator memegang peranan penting. Menghindari pumpin sangat tergantung juga dari tehnik pengucapan, intonasi dan nafas yang baik dari narator. Faktor utamanya ya faktor narator sendiri. Dengan tehnik pembacaan yang benar tentu akan semakin menjauhkan timbulnya pumpin dan tehnik ini bisa dipelajari.

Sahabat yang baik, sekian dulu uraian singkat tentang cara menghilangkan pumpin suara terutama narasi ini. Kurang lebihnya mohon maaf dan moga bermanfaat.

Salam sukses selalu dan wassalam



Pic : www.flickr.com