10 Tips Praktis Saat Bepergian

10 Tips praktis traveling
 Ilustrasi : flickr

Horeee ... akhir pekan tiba. Waktu yang pas kalau ingin bepergian. Tapi et, perhatikan juga dong beberapa hal penting sebelum kita melakukan perjalanan. Biar tetap happy. Jangan sampai berakhir sedih. Ya ngga ? Nah, supaya tetap aman dan selamat menikmati liburan hingga kembali pulang, ada baiknya kita perhatikan beberapa tips praktisnya. Mau tahu ?


produksispot.blogspot.com - Melakukan perjalanan liburan seharusnya menyenangkan, membahagiakan. Dari awal sampai akhir. Dari meninggalkan rumah hingga pulang ke rumah lagi.

Hal-hal yang umumnya kita lakukan saat akan bepergian jangan lupa :

1. Memastikan rumah aman.

Cek seksama keadaan rumah sebelum ditinggalkan. Seperti, kompor, aliran listrik, air, atau perabot elektronik yang ada. Lepaskan kabel listriknya dari outlet. Jangan sampai ada yang masih aktif sia-sia. Mubazir masa pakai alat dan listriknya. Lampu yang menyala diruangan juga sebaiknya dimatikan saja. Biar hemat.

2. Cek tools

Peralatan umum untuk kendaraan seperti kunci atau obeng-mengobeng, termasuk ban serep perlu diperhatikan dulu kondisinya sebelum menempuh perjalanan.

3. BERDO'A

Kalau semua sudah siap, barang-barang bawaan juga oke, waktunya naik kendaraan dan waktunya berdoa.

4. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman.

Pake mobil, jangan lupa klik dulu. Entah apa yang akan dialami, relatif aman atau berbahaya, yang penting sedia "klik" sebelum "klok" (suara pala atau jidat  kebentus).

5. Tahan selfie-selfie atau halo-haloan.

Menjaga konsentrasi sangat penting selama mengemudi. Tahan dulu mau foto2 didepan stir atau menjawab telpon. Minta tolong saja pada yang ada disebelah kan lebih aman.

6. Alokasikan waktu lebih.

Sebaiknya jangan melakukan perjalanan jarak jauh dalam keadaan terburu-buru. Mau apapun yang terjadi, jarak tetap tak akan bisa berubah. Jadi kalau mau lebih aman, patok saja waktu ekstra. Jadi meski nanti dijalan ada hal-hal yang menghambat, target waktu sampai ditujuan tetap bisa dipenuhi,

7. Jangan paksa diri kalau lelah.

Mengemudi kendaraan dalam keadaan lelah, akan sangat berbahaya. Baiknya ambillah waktu jeda untuk rehat sejenak. Menurut banyak penelitian, paling tidak pengemudi itu harus beristirahat sekitar setengah jam, setiap 3 jam perjalanan.

8. Tambah kewaspadaan saat hujan.

Saat hujan, jalan jadi licin. Banyak keadaan mendadak yang seyogyanya dapat dikendalikan saat keadaan normal, belum tentu waktu jalan licin karena hujan. Perlambat laju kendaraan, is a safety way guys ...

9. Perhatikan rambu.

Rambu adalah alat pengaman. Jadi pasang mata lebar-lebar untuk rambu jalan yang terpasang. Jangan anggap remeh. Karena rambu itu sebenarnya adalah peringatan. Selain petunjuk rambu liak-liuk jalan biasanya juga ada petunjuk batas kecepatan. Ikuti saja semuanya dengan ikhlas, Insya Allah keselamatan lebih terjamin.

10. Ucap syukur setelah tiba 

Ucap syukur tidak lupa kita hadirkan dalam hati dan lisan setibanya ditempat tujuan maupun saat bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat. Semua usaha kita tidak akan berarti jika tidak dengan izin dan perlindunganNya. Alhamdulillaah.

Sekian dulu beberapa tips praktis, meski sederhana moga bermanfaat. Have a nice travelling.

Wassalam



No comments:

Post a Comment