Salah Satu Penyebab Gagalnya Sign In ke Akun

Tampilan halaman dengan flickr versi mobile
Tampilan laman depan flickr versi mobile

Saat proses masuk (Sign In) ke akun sesekali kadang terkendala. Entah mungkin karena salah ketik atau karena lupa. Kelihatannya sepele, misalnya penulisan kata akhir alamat email. Ternyata ngaruh juga pada sukses atau gagalnya Sign In.


produksispot.blogspot.com - Saya mau bagi cerita dikit ni waktu saya sempat bingung mengakses akun saya di flickr. Salah satu situs penyedia foto untuk blog saya ini. Hehe...

Seperti biasa buka browser, ketik "flickr" dan langsung dikeluarin ama uncle Google. Klik, maka masuklah di laman pertama . Nah seperti biasa, dipojok kanan atas tu kan ada kotak yang didalamnya tertulis Sign In. Itulah akses ke laman kosong untuk memasukkan alamat email dan password akun kita. 

Kotak input email dan password flickr
Laman kotak pengisian email dan password akun flickr
Seperti biasa, supaya ngga lupa, saya selalu catat semua email dan password akun saya. Ya akun apa aja. Blogger, Youtube atau akun-akun medsos lainnya. Karena banyak maka saya merasa wajib punya catatan. Biar ngga lupa. Hehe...

Setelah buka catatan, seperti biasa saya masukinlah email, disusul passwordnya.  Tapi apa yang terjadi? Ternyata saya ngga bisa masuk gaesss !!!. Berkali-kali saya ketik ulang. Tapi tetap gagal. Bahkan sempat terfikir, apa iya saya salah nyatet. Soalnya begitu ngeklik kotak biru "masuk" selalu muncul keterangan merah yang intinya email dan password invalid. Alias ada yang ngga bener diinput datanya. Alhasil, saya jadi ngga bisa lanjut ke halaman utama. 

Berkali-kali saya cek, bener aja. Email dan password sudah sama dengan catatan. Tapi koq ditolak terus ya? Huhu....*mulai kesel dan bingung ...

Cek dan recek lagi sambil terus mengira-ngira dimana letak salahnya. Sampai akhirnya kurang lebih sejam kemudian (lumayan lama juga kaaan...) tiba-tiba saya teringat tulisan "... co.id"  diakhir alamat email. Di kotak isian sih saya tulis "... .com".

Atau mungkin gara-gara itu? Harusnya pake "co.id" tapi saya tulis "...com"?
Seperti hampir kehabisan akal untuk menyelidiki penyebab gagal masuk, timbullah ide nyoba mengganti akhiran alamat email saya dengan "... .co.id'.

Isian alamat email di sign in flickr
Isi alamat email untuk Sign In ke flickr
Lalu lanjut masukin password. Dan ternyata....eeeeh akhirnya. Berhasil  !!! *Huffffs...

"Oalaaah...cuman gara-gara itu to..." kata saya dalam hati sedikit ngga percaya. Ternyata nulis akhiran alamat emailnya yang keliru. Yang harusnya co.id saya tulis com. *Hadeeh, keliru gitu aja, mikirnya ampe sejam lebih. Wkwkwk...

Akhiran alamat email yang tertolak
Akhiran alamat email pake " ...com" ditolak
Nah sob, itulah pengalaman kecil saya tempo hari. Biarpun harus berkerut dahi karena bingung, tapi akhirnya lega juga. Masalahnya selesai dan akhirnya kembali bisa mengakses akun.

Mungkin sobat juga pernah mengalami hal serupa. Bagi saya sendiri, ini pengalaman pertama. Penulisan alamat email antara "...co.id" dan "...com" ternyata beda. Dan itu berpengaruh pada proses sign-in kita disebuah situs. Pastikan menulis data yang sama persis seperti waktu mendaftar. Termasuk akhiran alamat emailnya. Supaya ngga ditolak.

Oke dah. Sekian dulu tulisan singkat ini. Moga ada manfaatnya ya.

Wassalam.