Materai 6000 Ajaib

Kalau takdirnya memang ada pasti tetap ada
Materai 6000 Ajaib yang Ngajarin Hikmah Terus Berusaha

Sesuatu yang sudah ditentukan jadi milik kita itu ngga akan kemana. Mau pake acara kececer, raib sementara atau gimana aja kalau memang masih ada takdirnya ada, ya tetap ada.


produksispot.blogspot.com - Malam itu karena ada perlu jadi harus beli materai. Biasa. Untuk lembar invoice. Kan harus pake materai tu. Jadilah waktu itu beli selembar materai 6000 yang dijual 8000 rupiah di toko depan mess.

Aku masih ingat koq. Begitu nerima itu barang, langsung kumasukin (tepatnya selipin), disalah satu kantung bagian dalam dompet berlapis plastik. Yang kantung kecil gitu. Kutaruh dempetan sama SIM C.

Habis belanja, masuklah jalan kaki sekira 500-an meter menuju mess. Nyampe mess, masuk kamar. Pas ngeluarin dompet maksudnya mau nyimpen materai ketempat yang lebih aman. Tiba-tiba… Sedikit kaget. Ternyata materainya udah ngga ada. Alias raib brow. *oaaalah …

Cuaca panas jalan masuk mess
Jalan masuk mess. 500 meteran jalan kaki.

”Waduh. Materainya mana yak…”tanyaku dalam hati.

Perkiraan kalau kececer dijalan rasanya ngga mungkin. Dompet-kan ngga aku keluarin lagi setelah selesai bayar belanjaan ditoko tadi.

“Tapi, bentar…” hatiku tiba-tiba inget sesuatu.

“Apa mungkin kececer ditoko sebelahnya yak. Kan moto-copy dulu tadi sebelum masuk mess?” *O' owww…. Dan disitu, kan ngeluarin dompet juga *nah loh.

Naaa karena ngga meratiin, siapa tau mungkin waktu itulah materainya jatuh ” gumamku lagi.

Bayangan materainya “mencolot keluar” dari dompet semakin kuat. Karena keinget kalau lapisan plastik kantung kecil dompet emang rada robek dikit. Dibagian pojok kiri bawah. Ngeliatnya waktu ngeluarin duit mau bayar dikasir ditoko pertama.

Tapi entah kenapa, waktu itu aku ngga begitu meratiin. Mungkin karena aku anggap cuman robek kecil. Jadi aku fikir si materai bakal aman-aman aja kalau diselipin disitu. Sampai akhirnya…ya gitu deh. Akhirnya ilang juga. “Mungkin karena bolongan itu kali ya materainya kececer…?” tanyaku dalam hati mengira-ngira.

Aku ngga meratiin lagi waktu ngeluarin dompet mau bayar foto-copy-an ditoko kedua. Padahal harusnya diperatiin. Waspada keq. Udah tau tempat nyimpen materainya bolong. *huhuhu….kelupaan dah.

Aku lirik jam. Ternyata udah jam 9.30 malam. Masih ada 30 menit sebelum gerbang ditutup. Aku bergegas aja balik ke tokonya lagi. Ya “mlaku sikil” lagi brow. Ngga papa. Itung-itung jogging. Walaupun udah malem. Hehe… Tujuan utama ke toko foto-copy. Moga masih buka.

Tapi apa mau dikata, baru nyampe digerbang aku arahkan pandangan ke arah toko itu diseberang jalan, yaaahh, ternyata dah tutup. *O’owww… sabaaaaar. Ya udah. Baliiiiik, baliiiiik… hihi…   

Singkat cerita, tiba esok harinya. Sekira jam 1 siang, abis dines, aku pergi lagi ke toko itu. Tetap penasaran untuk memecahkan misteri ni ceritanya. Penasaran.

Toko Fotocopy depan mess
Toko pertama dan toko kedua yang ada fotocopynya

Sampai ditoko, langsung nyamperin mbaknya yang jaga. Aku ceritainlah sedikit kronologisnya. Setelah itu, aku memposisikan diri ditempat ngeluarin dompet. Lalu nanya :

“…sempat ngeliat ngga mbak. Kira-kira disekitar sini ni jatuh materainya ?” kataku sambil nunduk dikit meratiin lantai.

Si mbak yang ngeliatin, cuman senyum dan bilang “…ngga”. Katanya waktu nyapu-nyapu tadi pagi juga ngga ngeliat ada materai. Eh, BTW apa aku keterlaluan ya. Masa sampe segitunya juga memperkirakan kalau si mbak bisa meratiin benda sekecil itu. Hihi… tapi ya udah lah. Namanya juga penasaran. Pokoknya segala kemungkinanlah dilacak.

Lantas aku nanya lagi ” … kalau gitu, dimana ya mbak tumpukan kotoran kertas yang disapu tadi?” Dengan cepat mbaknya langsung nunjukin keluar, ke satu sudut teras toko. Tempat dia naruh kotoran sapuannya.

“…oooh disitu ya. Ok. Makasih. Saya coba cari…” kataku sambil ngebuka pintu toko menuju titik yang ditunjuk.

Begitu deket, pelan-pelan kuperhatiin. Diantara remah pasir dan beberapa sobekan kertas kecil disitu, koq kayanya ada yang mirip materai ya ? Meskipun dalam posisi kebalik dan ngga langsung keliatan jelas. Cuman potongan kertas kecil berwarna putih gitu.

Supaya tambah yakin, kuambil aja. Korek-korek dikit nyingkirin pasir diatasnya, lalu aku balik. Eeeh ternyata…emang bener ! Yess…!!! selembar materai 6000 yang masih utuh. *horeee… haha …
Akhirnya nemu lagi. Yeayyy ...*iiiidih kaya nemu harta karun aja girangnya …wkwkwk

Alhamdulillaah berhasil nemu yang dicari.

Ngelajarin hikmah dibalik kejadian kecil dengan izinNya
Itu dia materainya. Terlihat dari jauh sudah "mencurigakan"
Sebenarnya bukan dari harganya. Tapi hikmah dibalik kejadiannya. Bahwa apa yang sudah ditakdirkan jadi milik kita, pasti ngga akan kemana. Walaupun pake acara hilangpun, asal kitanya ngga putus asa dan tetap positif thinking, aku kira semuanya akan baik-baik aja. Yang sudah takdirnya ada, ya tetep ada.

Oke deh Sob. Sama -sama belajar aja ya. Belajar lebih yakin dengan kemurahanNya.
Sekian dulu tulisan singkat dan sederhana ini. Terima kasih sudah membaca. Moga bermanfaat untuk belajar menarik hikmah disetiap kejadian… Aamiin

Wassalam.