Kunci Memaksimalkan Manfaat Puasa

Kunci Memaksimalkan Manfaat Puasa


Puasa sering dibayangkan sebagai satu keadaan yang tidak menggairahkan. Lesu, lapar, haus yang dirasakan membuat banyak orang (termasuk saya)  akhirnya banyak menghabiskan waktu puasa hanya untuk tidur. Padahal sebenarnya, tubuh kita sudah diciptakan dengan sangat sempurna sehingga mampu mengatasi kondisi-kondisi seperti itu. Bahkan puasa memiliki keuntungan tersendiri bagi tubuh kita. 



produksispot.blogspot.com - Berpuasa di bulan Ramadhan jika ditinjau dari sudut pandang kesehatan, memiliki beberapa manfaat. Ilmu kedokteran saat ini telah mengakui manfaat luar biasa dari berpuasa yang berimbas terhadap kesehatan tubuh dan fikiran seseorang. Jadi jangan sampai kebanyakan tidur. Kebanyakan tidur justru malah akan membuat tubuh terasa semakin lemas.

Dalam penelitian terbaru telah terbukti bahwa dengan berpuasa pembentukan radikal bebas yang berbahaya bagi tubun dapat dicegah. Radikal bebas yang terbentuk itu sangat berperan pada penurunan fungsi organ-organ tubuh.

Baik dari segi agama maupun medis, berpuasa sangat dianjurkan. Beruntung sebagai umat beragama khususnya kaum muslim yang diwajibkan paling tidak, melakukan puasa 30 hari dalam setahun. Betapa sempurna ajaran agama dengan perintah puasa sebagai salah satu bentuk kasih sayang pada hambaNya yang beriman.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan agar manfaat puasa dapat diraih secara lebih maksimal ? Tentu saja jawabnya dengan memperhatikan pola hidup sehat khususnya makan yang seimbang. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Baca jugaTips Sehat Puasa

Saat berpuasa, jangan abaikan pola pola makan yang sehat dan seimbang. Karena dalam sehari penuh tanpa kita sadari, organ-organ tubuh kita senantiasa bekerja. Jantung terus berdenyut untuk memompa darah. Usus kita terus bekerja mencerna makanan. Paru-paru terus bekerja untuk bernafas. Otak bekerja untuk aktifitas sehari-hari. Semua organ tersebut membutuhkan energi, tidak terkecuali selama bulan puasa. Oleh karena itu kita harus mengenal bagaimana pola hidup dan makan sehat agar tubuh tetap mampu bekerja secara optimal.

Diantara beberapa point penting pola hidup sehat saat berpuasa yaitu :

- Jaga waktu istirahat yang cukup

- Konsumsi makanan secara seimbang

- Pastikan asupan air yang cukup, sekitar 8   gelas perhari

- Tidak melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat, karena bagaimanapun kapasitas kemampuan tubuh berbeda dengan ketika tidak sedang berpuasa.

- Tetap jalankan aktifitas olah raga secara proporsional pada waktu yang tepat (sekitar antara dua jam hingga setengah jam sebelum berbuka).

Sekian dulu artikel singkat Kunci Memaksimalkan Manfaat Puasa ini. Semoga bermanfaat. Selamat berpuasa bagi sahabat yang menjalankannya dan Wassalam.


Sumber : Materi Siaran "Bincang Sehat Spesial Ramadhan" di 97.8 Bahana FM - dr Kus Ageriyawan dari Klinik Persada Medika PT Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta, Kutim, Kaltim.

No comments:

Post a Comment