Asyiknya Jadi Newbie

Blogger untuk hobi nulis
Blogger


Asyiknya jadi newbie blogger. Karena masih seumur jagung, semangat masih menyala-nyala. Jadinya ngga jera (baca : bosan), bongkar pasang template teruuuus, selain seperti dapat "mainan" baru :D. Sampai akhirnya ...


produksispot.blogspot.com - Memang asyik kalau menjalani hal yang baru. Termasuk nge-blog. Dari cari-cari info, mempraktekkan sampai trial and error. Otodidak poll lagi. Semuanya seru. Kaya film perang aja ya pake seru segala.

Pengetahuan tentang blogging mulai dari nol alias tidak tahu sama sekali, sampai akhirnya bisa dapat skor 100% nyeting SEO (Search Engine Optimizing) template blog. Ngerasanya ya paling ngga, sudah dapat modallah. Kalau templatenya sudah diupayakan optimal, sekarang tinggal gimana ngisinya. Walaupun tidak dipungkiri juga untuk membuat konten berkualitas di blog adalah "masalah" tersendiri lagi. Hiks hiks.... Newbie, newbie...

Ya namanya juga newbie. Kalau sudah berhasil dapat apa yang dimau, senangnya bukan main. Walau itu cuma sekedar mengejar skor SEO. Habisnya bagi seorang newbie jelas hal itu sulit sekali. Haduh jadi malu nih sama agan-igin para master. Hehe ... Bersyukurlah para master blogger di Indonesia tercinta ini orangnya baik-baik. Mau nyari info apa aja tentang blog ada. Lengkap. Terima kasih ya mas bro dan mba bro para blogger. Mudah-mudahan Tuhan mengganjar kebaikan sahabat semua dengan pahala dan kebaikan dunia akhirat. Aamiin. :)

Awalnya pake template demo blog yang banyak dishare oleh para master. Biarpun dengan susah payah baru selesai nyeting blog yang ada, eh lihat template lain yang kayanya lebih "keren", pasti dah pengen ganti lagi. Template yang sudah diset, paling cuman bertahan 1 minggu, setelah itu ganti template baru lagi. Eeaaa.... :D

Apalagi setelah tahu sedikit tentang usaha mengoptimalkan situs supaya lebih mudah diakrabi mesin pencari dengan tehnik SEO, wah target jadi nambah. Gimana cari template yang bagus (tetap haus nyari template) plus bisa dapat skor 100%. Ada template yang dianggap oke, tapi giliran utak-atik lay-outnya koq selalu gagal dapat skor 100. Tambah penasaran, comot sana comot sini lagi. Sampai akhirnya ketemu sama template yang sekarang ini saya gunakan. Penyedianya Arlina Design. Sebelum versi premium saya pernah pake versi demonya. Kalau diakses cepat munculnya. Clear lay-outnya. Template Invert ini responsive dan SEO Friendly. Waktu nyoba ulang setting ke tools SEO chkme, relatif lebih mudah dan akhirnya berhasil juga dapat skor maksimal.

Skor 100% skor SEO Blog Bloggin Up
Asik ... Template SEO. Blog Bloggin Up (template : Arlina Dzgn)

Namanya newbie, selalu penasaran. Sebelum misteri terjawab pasti jadi seperti mahluk gentayangan. Sana sini gali informasi. Termasuk tentang skor SEO. Cari punya cari, ternyata skor itu tidak bisa serta merta langsung dijadikan patokan sukses juga. Ou ou, ternyata belum apa-apa saudara-saudara. Perjalanan masih panjang. Masih banyak lagi faktor lain penentu sukses seorang blogger "meniti karier"nya. Tidak terkecuali beberapa hal yang  seyogyanya diperhatikan terutama oleh newbie seperti saya. Selengkapnya silahkan simak penjelasan salah seorang master yang saya ketahui di jagat blogger  Mas Sugeng.

Nah sudah kurang lebih sekitar 1 bulan setelah rilis debut artikel, sekarang saya sudah (baca : baru) punya 30-an artikel yang saya bagi dalam 5 kelompok tema (tag). Terus belajar dan belajar, mudah-mudahan tetap konsisten. Lanjut dengan mengikuti saran dan tutorial sahabat blogger selanjutnya tentang cara daftar ke Google. Akhirnya waktu searching, blog saya sudah tertera di halaman pertama. Alhamdulillaah.


Dengan SEO yang tepat menentukan rangking situs
Bloggin Up di laman mesin pencari Google


Nah sahabat, sekian dulu artikel sederhana ini, sedikit curhat pribadi sekedar berbagi cerita saja. Ujung-ujungnya, bagaimanapun sukses itu tergantung gimana diri masing-masing. Iya ngga ? Lincah cari info, ngga bosan mencoba dan tentu rajin update konten yang manfaat. Lakukan dulu hal-hal mendasar tanpa harus direpotkan dengan persoalan "sekunder" yang bisa saja malah menjadikan tenaga dan waktu terbuang sia-sia. :)

Mohon maaf juga kalau ada yang kurang pas dihati sahabat. Selamat terus berkarya untuk para sahabat blogger semua. Sukses selalu dan wassalam.

Pics : flickr.com