Kemuliaan Hari Jum'at Melebihi Keagungan Dua Hari Raya

Al Quran pintu pembuka segala ilmu dan hikmah
Al Qur'an pintu pembuka segala ilmu dan hikmah


Kita semua kaum muslim tentu sering mendengar kata "Jum'ah Mubaarok" atau Jum'at yang penuh berkah. Memang tidak heran. Karena menurut salah satu hadits, hari Jum'at adalah hari teragung dihadapanNya. Lebih agung bahkan dari 2 hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha.


produksispot.blogspot.com - Mungkin ada yang sudah tahu, atau juga belum. Ternyata tak perlu menunggu satu tahun untuk dapat berjumpa dengan saat-saat istimewa dalam Islam. Waktu teragung atau penghulu segala hari itu ternyata setia datang setiap minggu. Itulah hari Jum'at. Dimana didalamnya terdapat begitu banyak rahasia keutamaan. Didalamnya terkandung berjuta keunggulan hingga mengantarkannya sebagai waktu yang begitu bermanfaat, begitu berkah bagi kemaslahatan hidup dunia dan akhirat.

Dikutib Hidayatullah.com, dalam Al-Musnad dari hadits Abu Lubabah bin Abdul Munzir, bahwasanya Rasulullaah Shallaahu'alaihi wa Sallam bersabda  :

" Penghulunya hari adalah hari Jumat, ia adalah hari yang paling utama di sisi Allah Subhanahu Wata’ala, lebih agung di sisi Allah Subhanahu Wata’ala dari pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Pada hari Jumat tersebut terdapat lima keistimewaan: Hari itu, bapak semua umat manusia, Nabi Adam ‘Alaihissalaam diciptakan, diturunkan ke dunia, dan wafat. Hari kiamat tak akan terjadi kecuali hari Jum’at " 

Apa rahasia keberkahan dari hari Jum'at ini atau kemanfaatan lainnya yang bisa kita raih di hari Jum'at ini ? Dari berbagai sumber Bloggin Up rangkumkan sebagian untuk sahabat semua diantaranya :

1. Hari yang padanya terdapat banyak sekali waktu mustajab untuk berdo'a.

Setidaknya ada 2 hadits shohih yang men-dalil mustajabnya do'a di hari Jum'at. Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa baginda Nabi berkata "Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu ".

Sementara itu dari Abu Hurairah juga meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]

2. Kesempatan terbaik bershalawat pada Nabi

Kemanfaatan hari Jum'at tidak perlu diragukan lagi. Selain sebagai hari utama untuk berdo'a juga waktu terbaik menghaturkan shalawat bagi junjungan Nabi Besar Muhammad shallalloohu'alaihi wasallam.

Sebagaimana hadits Abu Daud, Ibnu Majah dan An-Nasa'i : " Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi."

3. Hari penegas identitas antara Muslim dan Non Muslim

Mengapa ? Karena Sayyidina Nabi telah mengisyaratkan bahwa hari Jum'at adalah hari rayanya kaum muslim. Hari dimana aura kekhitmatan dan marak ibadah kaum muslim lebih nyata pada hari ini dibanding umat lainnya seperti Yahudi dan Nashrani. Umat Yahudi dengan hari sabtunya sedangkan Nashrani dengan hari ahadnya.

Muslim dalam haditsnya sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullaah Shallalloohu 'alaihi wasallam bersabda :

"Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk".

4. Hari yang penuh dengan ilmu dan nasehat kebaikan.

Manfaat lain dari datangnya hari Jum'at adalah suasana yang penuh semangat untuk saling memantabkan niat dan ikhtiar dijalanNya. Pelaksanaan ibadah shalat Jum'at misalnya, suasana berbeda pasti kita rasakan. Selain pada intinya dengan khutbah yang penuh dengan ilmu, petuah atau nasehat. Itulah sebabnya shalat Jum'at wajib bagi setiap muslim. Maha Agung Allah Subhaanahu wata'aala yang Maha Memperhatikan dan Maha Peduli pada pemenuhan kebutuhan pokok jasmani dan rohani setiap hambaNya, melalui khutbah para khatib di atas mimbar yang menebar ilmu dan wejangan bermanfaat.

Berkaitan dengan kewajiban shalat Jum'at sendiri, firman Allah dalam Surah Al Jumu'ah ayat 9 yang artinya : " Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui ".

Dalam sebuah haditsnya Muslim menyampaikan bahwa Rasulullah bersabda : " Hendaklah kaum-kaum itu berhenti dari meninggalkan shalat Jumat. Atau (jika tidak) Allah pasti akan mengunci hari mereka, kemudian mereka pasti menjadi orang-orang yang lalai ".

Abu Daud juga merawi bahwasanya Rasulullah menyebutkan : " Shalat Jumat adalah hak yang diwajibkan kepada setiap Muslim kecuali empat orang; budak atau wanita, atau anak kecil, atau orang sakit ".

Sahabat semua, sekian dulu singkat tentang kemuliaan hari Jum'at. Sebagian hal-hal yang Bloggin Up utarakan tentu sangat-sangat tidak sebanding sama sekali dengan keagungan sesungguhnya. Satu hari yang telah diciptakan, dirancang dan ditentukan olehNya yang maha mulia, maha tahu dan maha penggenggam seluruh kunci rahasia.

Sukses selalu dan Wassalam


Referensi : Hidayatullah.com
Pic            : flickr.com