Membuat Jingle Acapella di Cool Edit Pro

Membuat Jingle acapella sendiri
Membuat Jingle Acapella sendiri

Kita bisa lo membuat Jingle Acapella sendiri untuk ID Station. Caranya relatif mudah koq. 



produksispot.blogspot.com -  Untuk membuat sebuah Station ID seperti Jingle versi acapella caranya cukup mudah dan praktis. Mudahnya, karena kita tidak harus menjadi seorang penyanyi profesional dulu dan praktisnya, cukup lewat sarana berupa software editing suara sederhana asalkan tentu dengan setting yang tepat maka kita sudah dapat memproduksi sebuah jingle acapella yang ya lumayanlah, timbang harus beli mahal-mahal. Okey ?

Sekedar sampel untuk sahabat, begini jingle jadinya A, B & C  :








Nah bagaimana cara membuatnya ?

Sahabat yang baik, pada artikel kali ini penulis akan berbagi sedikit info atau tips sesuai pengalaman penulis di Bagian Produksi spot radio. Sederhana saja tetapi mudah-mudahan tetap bisa memberi manfaat khususnya buat sahabat yang mungkin memiliki interest yang sama, yang baru memulai, yang ingin mengasah kemampuan vocalnya dengan membuat jingle acapella sendiri. Prinsipnya, kita sama-sama belajar.

1. Tetapkan Nada Dasar.

Untuk merangkaikan nada Jingle station berbentuk acapella pertama kali kita harus mencari padanan nada dasar yang nantinya akan dikembangkan lebih lanjut. Nada dasar ini disesuaikan saja dengan bentuk-bentuk nada yang umumnya digunakan oleh station radio sebagai jingle. Telaah referensi perlu dilakukan. Misalnya dengan dengar-dengar jingle radio tetangga, atau sekalian untuk memperkaya wawasan, kita bisa dengar-dengar juga hasil produksi jingle "luar". Banyak tu yang sharing sampel-sampel jinglenya di internet. Cukup "sangar" sih hasil kerja mereka. Mantab-mantab pastinya. Tapi jangan berkecil hati. Kalau kita mau bersungguh-sungguh belajar, kitapun bisa.

2. Take Vocal dengan Setting yang Benar.

Setelah ambilan nada dasarnya ketemu, tahap kedua adalah rekaman atau take vocal. Persiapkan dengan baik perangkat dan cek input vocal dengan benar. Lebih detail tentang cara merekam khususnya di software Cool Edit Pro juga bisa sahabat review terlebih dahulu di sini.

Kalau penulis sendiri dapat nada dasarnya seperti ini :

Contoh audio Acapella 1 nada suara



Penampakannya di Multitrack Session Cool Edit Pro :

Multitrack session nada dasar acapella
Bilah Multitrack Session Acapella 1 nada suara


Agar spektra suara acapella menjadi lebih luas, sebaiknya rekam setiap nada sebanyak dua kali. Satu untuk dominan jalur kanan dan satu lagi untuk didominankan ke jalur kiri. Cara settingnya, rubah nilai pada tab "pan" dalam kotak dibawah tab "volume" yang terletak dipangkal setiap track. Masukkan nilai 50 untuk dominasi track ke jalur kanan, dan suara input yang satu lagi dengan nilai -50 agar suaranya jadi sedikit condong ke jalur kiri. Dijamin tehnik ini membuat suara vocalnya menjadi lebih "megah". Menurut pengalaman penulis sih, hasil suara yang diinput satu kali dengan dua kali akan berbeda. Silahkan coba deh sahabat praktekkan. :)

Setelah nada dasar selesai ditake, berikutnya kita cari nada suara yang kedua. Lalu rekam dan apabila suara dasar tadi digabung dengan nada suara kedua maka akan terdengar seperti ini :

Contoh audio Acapella 2 nada suara




Penampakannya di Multitrack Session Cool Edit Pro :

Bilah multitrack session acapella 2 nada suara
Bilah Multitrack Session Acapella 2 nada suara


Seperti pada tahap take vocal satu nada, saat merekam suara kedua, penulis juga melakukannya / take vocal 2 kali untuk split panning kanan dan kirinya.

Berikutnya, cari lagi nada ketiga terus rekam. Contoh suara hasil penggabungannya seperti ini :

Contoh audio Acapella 3 nada suara



Penampakannya di Multitrack Session Cool Edit Pro :


Bilah Multitrack Session jingle acapella 3 nada suara
Bilah Multitrack Session Jingle Acapella 3 nada suara



Wah ngga kerasa sudah 3 proses input suara berbeda kita lakukan. Sekarang tinggal menambahkan satu nada suara lagi sebagai harmonisasinya. Biasanya bagian ini diisi dengan karakter suara bass / low tone. Untuk lebih jelasnya, kita bisa gunakan head-phone untuk menyimak suara hasil penggabungan keempat nada ini :

Contoh audio Acapella 4 nada suara



Penampakannya di Multitrack Session Cool Edit Pro :


Bilah Multitrack session jingle acapella 4 nada
Bilah Multitrack Session Jingle Acapella 4 nada suara


So... there you go... Jingle Acapellanya sudah selesai.


3. Mixdown dan Finalizing.

Akhirnya selesai sudah proses input empat nada suara berbeda sebagai Jingle versi Acapella buatan sendiri .... *prok prok prok.... horeee..... :D

Sekarang tinggal tahap akhir yaitu menggabungkan seluruh file tadi menjadi satu bagian dengan me-mixdown-nya.

Untuk hasil yang lebih sempurna, tidak lupa tahap finalizing untuk mengedit bagian-bagian yang dirasakan kurang sempurna di bilah Single Wave Editing ya (misalnya dari pumpin, atau hasil suara yang mengandung noise/hiss).

Untuk menghilangkan pumpin sahabat boleh baca di sini.

Sedangkan kalau soal gimana ngilangin noise boleh kembali buka di sini.

Nah sahabat sekian dulu sekelumit tutorial sederhana bagaimana membuat Jingle Acapella sendiri dengan software Cool Edit Pro ini. Moga manfaat dan mohon maaf tentu dalam penyajian artikel ini terdapat banyak kekurangan.

Salam sukses selalu dan selamat mencoba. Wassalam.


Pic :  flickr.com