Membangun Budaya Hidup Bersih Sejak Dini

Gotong royong menyapu halaman
Membudayakan hidup bersih. Makin dini makin baik
(Ponpes Daarus Sholah, Sangatta Selatan, Kutai Timur)


Menjaga kebersihan, baik individu maupun lingkungan adalah hal yang sangat penting. Selain membuat sehat, segar fisik dan mental, menjaga kebersihan juga menjadi salah satu upaya yang paling utama mencegah timbulnya berbagai masalah. Salah satunya dari bahaya penyakit. 


produksispot.blogspot.com - Tidak sedikit masalah yang bisa timbul karena buruknya kualitas kebersihan. Seperti masalah kesehatan. Waspadai keadaan diri dan lingkungan yang jorok, dekil karena jarang dibersihkan. Penyakit disentri, kolera, DBD, malaria atau tyfus dan masih banyak lagi, menjadi lebih gampang menyerang. Semua berawal dari kotoran atau sampah yang tidak ter-maintenance dengan baik.

Akar masalah sebenarnya simpel. Yaitu sampah. Tetapi karena kurang terampil menanganinya, akhirnya jadilah ia momok dalam kehidupan. Bagaimana payahnya merasakan sakit hingga rutinitaspun terganggu. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat keadaan normal kembali. Wah pokoknya repotlah.

Bagaimana supaya sikap peduli kebersihan itu bisa berjalan baik ? Jawabannya menurut saya yang simpel-simpel saja. Mulailah dari diri sendiri dan dari hal yang kecil. Kesadaran diupayakan dibangun bagi tiap individu sedini mungkin. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya bisa ditanamkan untuk membentuk karakter bersih. Caranya, buat kegiatan bersih-bersih sampah sebagai satu kegiatan menyenangkan, fun. Terutama untuk anak-anak.

Anak-anak rutin membuang sampah
Usia dini, saat tepat menanamkan budaya tertib membuang sampah.
(Ponpes Daarus Sholah, Sangatta Selatan, Kutai Timur)
Pembiasaan dini ini mungkin terkesan sederhana. Tetapi sebenarnya tentu akan sangat besar pengaruhnya, terutama kala mereka telah dewasa. Satu hal yang sudah menjadi kebiasaan akan menjadi lebih mudah dilakukan secara konsisten. Bagi yang sejak kecil sudah dibiasakan disiplin dan tertib membuang sampah akan menjadi tak enak perasaan kalau tidak melakukannya.

Mari jaga kebersihan untuk kebaikan bersama. Upayakan membangun kepedulian itu sejak usia dini. Pengelolaan yang baik pada sampah niscaya akan membebaskan kita dari masalah.

Sekian dan terima kasih. Wassalam.


No comments:

Post a Comment