Tingkatkan Kemampuan Dengan Training Produksi Spot Radio

Training Bagian Produksi



Kegiatan Training sangat bermanfaat sebagai sarana meningkatkan kemampuan diri. Hal itu berlaku di bidang apapun. Kegiatan pelatihan selain untuk mengasah kemampuan juga sebagai kesempatan memperluas wawasan dan ilmu baru yang mungkin belum didapat selama menggeluti bidang pekerjaan.


produksispot.blogspot.com - Seperti yang kami lakukan. Saya kembali dapat mandat pimpinan untuk meng-Up Grade keahlian rekan kru Bagian Produksi dari dua radio Paras FM Group, Persada FM (Tanjung, Kalsel) dan MPis 106.9 FM (Bontang, Kaltim). Dua radio ini adalah anak perusahaan PT Radio Parapa Raswana yang berkantor pusat di ibukota propinsi Kaltim, Samarinda dari 5 stasiun radio yang beroperasi di areal kerja PT Pamapersada Nusantara. Pelatihan ini sendiri bertempat di Radio Bahana 97.8 FM, Mess Pama Bumi Etam Sangatta, Kutai Timur, Kaltim.

Kedua orang sahabat saya ini sudah berkecimpung di dunia produksi spot radio, tidak saja sejak bergabung di Paras FM Group. Tetapi sejak masih menjadi karyawan di stasiun radio asal masing-masing.

Adapun tentang materi pelatihan singkat "sederhana" kali ini kembali membahas berbagai hal seputar proses kerja Bagian Produksi. Dari proses pembuatan spot radio (info safety) hingga Insert dan Jingle.  Baik itu perancangan, proses recording dan finalisasi hasilnya. Hal-hal penting lain terkait proses produksi seperti penggalian ide, penulisan radio script, vocal-taking, editing vocal dan komponen, mixing, komposting dan penyelarasan elemen dan lain-lain juga dipelajari kembali. Have fun-lah pokoknya.

Nah ini sedikit tentang kedua orang sahabat saya pada Short-Course kali ini :

1. Sophian Sauri



Mantan kru Bagian Produksi radio KP FM Samarinda. Sempat loncat sana loncat sini. Berpindah-pindah tempat menjalani karirnya sebagai penyiar dan operator bagian Produksi. Akhirnya memutuskan gabung di Paras FM Group mengisi penempatan karyawan di Persada 87.9 FM, di Tanjung Kalimantan Selatan (PT Pama Site Adaro), mulai beberapa bulan lalu.

Secara tehnis, skill Ian - begitu sapaannya - sudah bolehlah. Sudah di atas intermediete levelnya. Hanya perlu beberapa sentuhan kecil saja. Nyari celah biar bisa lebih nge-blend dengan corak khas ala Paras FM di materi spotnya. Paras FM memang punya pakem tertentu. Penanda khas spot radio hasil garapan awak Paras FM Group. Setidaknya begitu pendapat beberapa rekan trainee saya sebelumnya yang juga sempat ikut pelatihan Paras FM.

Oh iya, satu lagi, kemampuan olah vocal dan nada saat membuat Jingle Station yang juga harus sering dilatih. Ini pe-er yang harus dijawab Sophian. :D :D :D. Tetapi over all sih, okey banget koq kapabilitasnya. *cieeeee... :D

2. Muhammad Yusuf Azhar



Aktif sebagai kru radio kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar sejak awal menjadi mahasiswa tahun 2010-2016. Suka duka sebagai penyiar dan operator pernah dirasakannya, sembari menyelesaikan studi Strata 1 Sarjana Sosial. November 2016 kemudian bergabung di Paras FM Group, ditempatkan di Mpis 106.9 FM PT Pama distrik Indominco Bontang. Selain sebagai kru Bagian Produksi, Yusuf juga menyiar.

Dipelatihan ini, Yusuf mencoba menggali lebih banyak tentang seluk beluk proses produksi spot radio. Kemampuan dasar penguasaan perangkat sesuai pengalamannya, sudah cukup mumpuni untuk terus dikembangkan. Tinggal mengasah kepekaan. Racikan komposisi terutama musik dan pemilihan nada saat memproduksi Jinggle misalnya,memerlukan kiat tersendiri. Demikian juga dalam proses pembuatan materi siaran lainnya seperti spot radio dengan semua tahapannya.

Well, yang jelas tetap semangat ya sahabatku. Kualitas atau mutu komponen siaran sebuah radio juga sangat bergantung pada kapabilitas sobat. Bagaimana meramu dan membuat spot radio yang menarik, dengan indikator yang jelas. Kreatifitas dan kepiawaian sobat, turut berperan percantik wajah stasiun radio dimana sobat bertugas.

Selamat berjuang menjadi operator-operator yang semakin maximizer ! Sukses selalu.

Wassalam


No comments:

Post a Comment