Mini Ponton yang Tetap Eksis di Zaman Now

Mini ponton di Sangatta Lama


Pernah dengar dari teman, kalau dari Sangatta lama mau ke Sangatta seberang, bisa pakai ponton. Nah ini yang mengundang penasaran. Gimana sih rasanya? Belum bisa ngebayangin juga. Jadi pengen nyoba. 


produksispot.blogspot.com - Jujur, masih susah ngebayangin gimana bentuk pontonnya. Taunya di Sangatta memang ada sungai yang membelah kedua wilayahnya. Tapi belum pernah ngerasain gimana sih kalau naik sarana angkutan sungai seperti yang dikatakan teman.

Nah, hingga akhirnya di satu sore. Kebetulan ada waktu sedikit buat hang-out. Sudah beberapa bulan lalu, ngebet pengen tahu gimana rasanya nyeberangin sungai pake ponton. Haduuh... :)

Well, sore itu langsung aja cuzz ke Sangatta Lama. Tepatnya ke pasar Sangatta Lama. Masuk ke jalan Mulawarman. Nah, karena belum pernah, harus siap-siap nanya dong. Sampai di depan sebuah toko sepatu, terlihat ada 2 orang bapak duduk-duduk ngobrol diteras tokonya. Sayapun bertanya pada mereka. Salah seorang dari bapak itu menjelaskan detail arah menuju tempat penyeberangan. Yup, clear. Got It !. Terima kasih Pak.

Cukup lega. Karena bisa sampai ke tempat dimana saya bertanya inipun awalnya kan cuman ngandelin feeling. Cuman dengar kata teman bahwa dermaganya ada di areal pasar Sangatta Lama. Okey. Ngga lama, ngikutin petunjuk bapak tadi. Akhirnya sampailah didepan satu lorong kecil yang memasang plang sederhana bertuliskan "Penyeberangan" dengan tanda panah.

Ngga pikir lagi saya masuk aja. Oh ternyata begini to. Ngga ribet koq. Tepat di ujung jalan turunan lorong ini, sudah langsung bibir sungainya. Waw ! Simpel sekali ya. Hihi... Dan... "nah, itu kali pontonnya ?" gumam saya dalam hati. Di depan, tampak ada bapak dan ibu ajeg diatas motor yang sepertinya lagi nungguin ponton mininya merapat ke dermaga yang mini juga. :D.

E eh, tapi bentar. Apa benar begitu ? Bapak ibu itu parkir di pinggir dermaga atau sudah ada diatas ponton sih ? Oalaaaah. Ternyata mereka sudah on-board ituuuu... !!! hahaha.... Ya ampun. Ini to yang dibilang ponton itu. Hmmmm.... :)

Naik ponton mini

Jadi tahu bahwa sudah diatas ponton, waktu abang yang jaga menerima uang dari bapak diatas motor. Karena saya sudah tepat berada di sebelah kanan bapak ibu ini, saya tahu persis sang bapak memberi uang 2000 rupiah. Rupanya itu adalah biaya jasa penyeberangan ini. Oooo ... :)

Ngga seberapa lama, datang seorang pengendara lagi. Ngambil tempat disebelah kanan saya. Terus masuk lagi satu orang juga bermotor, dibelakang saya. Terus masih ada lagi, bapak yang kayanya sama anaknya atau adiknya ya...*ngga nanya sih...hihi... datang dengan jalan kaki ikut naik. Ya begitulah. 7 orang kami penumpang diatas ponton, siap menyeberang. Ngga lama pontonpun mulai bergerak.

Naik mini ponton

Ibarat istilah dalam sebuah serial kartun populer anak-anak, pertanyaan "mau kemana kita?" muncul membisik dalam hati sekedar berkelakar. :) Lihat-lihat, peratiin, kemana ya arahnya ni ponton ? Ke kanan ? Kiri ? Atau depan ? Eh, ternyata ke depan saudara-saudara. Hihi....

Naik mini ponton menuju dermaga sangatta seberang

Nah, itu terlihat satu ponton serupa sudah bergerak dari seberang sungai. Jarak tempuh praktis pendek sob. Karena lebar sungai ini saya kira cuman sekitar 10 meteran. Ya emang bener. Proses "evakuasi" kami penumpangpun ngga pake lama. Sekitar 5 menitan, beranjak maju ke tepi daratan di depan. Dan, sampaaaiiiii.

Horeee.... Akhirnya. Tercapai sudah cita-cita merasakan naik ponton mini sungai Sangatta. Yeayy... :D Tinggal plintir gas langsung dari atas ponton, naik kembali ke daratan. Sekarang sudah di Sangatta seberang nih. Cuma pertanyaan berikutnya, emang udah tahu mana jalan yang mesti dilalui ? Naa itu dia. Tapi cuek ah. Pura-pura aja tahu. Toh juga meski kesasar, pasti masih di Sangatta City kan ? Ngga sekonyong-konyong nyungsep nyampe di Hong Kong. Wkwkwk...

Jalan Mulawarman, Sangatta Selatan

Yang jelas mau nyari kedai minuman dulu deh kayanya, secara mulai haus. Gas tipis menyusur kampung akhirnya nemu sebuah warung ngga jauh dari areal pasar, dermaga tempat berlabuhnya ponton tadi. Di jalan Mulawarman Sangatta seberang atau wilayah Sangatta Selatan, kelurahan Singa Geweh.

Warung gado-gado

Ini penampakan warungnya. Pesan minuman coklat dingin, sambil nyatet dikit hasil perjalanan. Aaah, seger. Sempat ngobrol juga sama adik yang punya warung soal arah ke jembatan besi kampung Kajang. Saya lantas balik ke camp sore itu lewat jalan APT Pranoto. Santai dan senang.  Ya lumayanlah dapat pengalaman kecil mencicipi sarana penyeberangan sungai, ponton mini yang tetap eksis di zaman now. :)

Alhamdulillaah.


No comments:

Post a Comment