Hikmah Dibalik Wabah Virus Corona

Novel Coronavirus N Cov 2
Ilustrasi Coronavirus (by flickr - NIAID)

Wabah virus Corona akhir-akhir ini cukup merepotkan. Hampir semua sisi kehidupan terhambat. Dari sosial, olahraga bahkan bisnis. Kira-kira apa sih hikmah dibaliknya?

produksispot.blogspot.com - Secara umum, setiap kejadian itu pasti mengandung arti. Ada hikmah, pelajarannya. Terutama bagi kita manusia.

Dalam perkembangan kasus Virus Corona yang terjadi saat inipun, kalau kita mau sedikit tenang merenung, tetap ada poin positifnya.

Ah yang bener. Penyakit koq bermanfaat?

Naa ya kan? Saya katakan tadi kalau kita mau sedikit tenang merenung. Ngga cuman asal mikir. Mikirnya harus dengan hati dan fikiran yang jernih. Terbuka. Positif. Hehe...Kalau belum seperti itu, sulit memang menemukan hal baik dibalik "bencana" mendunia ini.

Oke. Langsung aja lah ya. Ini dia beberapa hal positif yang bisa diambil dari wabah Corona :

1. Diingatkan untuk membiasakan hidup bersih.
Membersihkan dan menyikat lantai
Ilustrasi bebersih lantai rumah
(by : flickr - www.bmstores.co.uk/)
Wajib cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau bekerja. Cuci dengan sabun dan dibilas dengan air hingga bersih.

Selain kebersihan pribadi atau tempat tinggal, lingkungan sekitar juga harus lebih diperhatikan.

2. Diingatkan konsisten jalankan pola hidup sehat.
Pola sehat dengan makanan gizi berimbang
Ilustrasi Makanan minuman bergizi
(by : flickr - with wind)
Makan makanan gizi berimbang, cukup istirahat dan rajin olah raga. Hal itu akan sangat berpengaruh menjaga serta meningkatkan kualitas ketahanan (imunitas) tubuh. Imun kuat, penyakit enggan mendekat.

3. Diingatkan untuk berbicara hanya jika perlu.
Ngobrol dengan teman
Ilustrasi Berbincang dengan teman
(by : flickr - Andrey)
Berbeda dengan penyakit SARS, virus Corona dengan penyakit baru ini sangat mudah menular. Kalau SARS virus akan keluar saat penderita batuk, sedangkan sekarang, saat ngomong aja si virus sudah mencar kemana-mana. Terpercik serpihan air liur sudah cukup menjadi media penularan.

4. Dingatkan untuk mengurangi bergaul atau bikin acara ngumpul-ngumpul yang ngga begitu penting.
Belajar kelompok
Ilustrasi kegiatan bersama teman
(by : flickr - Shiela Tostes)
Kumpulan bareng orang disatu tempat sangat disarankan untuk dihindari. Karena cara penyebaran Corona yang begitu mudah (Seperti pada poin 3). Hikmah ini untuk pola pergaulan zaman now yang cenderung kebablasan. Serba bebas. Hampir ngga lagi mengenal batas. Makanya diingetin.

5. Diingatkan untuk lebih akrab dan intens berinteraksi bersama anggota keluarga.
Berkumpul bersama keluarga
Ilustrasi berkumpul bersama keluarga
(by : flickr - Martin Thomas)
Self Isolation atau karantina mandiri yang disarankan sekarang juga bermanfaat merekatkan kembali interaksi sesama anggota keluarga. Mungkin saja karena kesibukan masing-masing anak sama ortu aja jarang bicara satu sama lain. Istri suami renggang. Sesama saudara apalagi. Jarang saling sapa. Aneh memang. Tapi itu nyata dalam keseharian sebagian masyarakat modern.

Nah, itu baru 5 hal positif yang bisa ditangkap dengan jelas seiring perkembangan pencegahan wabah virus Corona. Sudah pasti sobat juga bisa menangkap hikmah lain karena masih banyak hal positif kalau mau ditelaah lebih jauh.

Maaf jika asumsi atau pendapat saya ini mungkin ada yang kurang sesuai dengan pendapat sobat. Tapi itulah yang saya ketahui berdasar info berbagai sumber. Saya rangkumkan diartikel sederhana ini.

Semoga Allaah senantiasa memberi kita kekuatan berada dijalan yang baik, dengan hati dan fikiran yang baik agar dipertemukan, tetap didekatkan dengan orang dan takdir terbaik pula. Aamiin.

Hanya DIA penguasa segalanya, Maha berkehendak. Maha pengasih dan penyayang.

Akhirnya, terima kasih sudah berkenan membaca ya Sob. Sekian dulu.

Wassalam.