Agar Shalat Bisa Lebih Khusyuk

Masjid rumahNya


Bismillaahirrahmaanirrahiim. Setiap orang pasti ingin melakukan yang terbaik dalam ibadahnya. Tidak terkecuali shalat. Shalat yang terbaik, shalat yang khusyuk agar DIA ridha pada apa yang kita lakukan. Insya Allah.


produksispot.blogspot.com - Masalah kekhusyukan dalam shalat mungkin menjadi masalah umum bagi kita kaum muslim. Berbagai usahapun dilakukan demi meningkatkan kualitas pelaksanaan salah satu rukun islam itu.Mengapa harus khusyuk ? Karena hanya dengan cara itulah kita bisa meyakini bahwa shalat kita bernilai dihadapanNya.

Lalu yang jadi masalah sekarang adalah bagaimana caranya agar shalat menjadi khusyuk. Untuk menjawabnya mudah-mudahan tips ini bisa sekedar mengingatkan kembali, beberapa resep meraih shalat yang khusyuk. Saya berlindung dari tipu daya syaitan untuk menjelaskan sesuatu yang diri saya sendiri tidak berpengetahuan atasnya. Saya hanya berbagi info dan masih belajar juga.

1. Luruskan dan perteguh niat

Masalah niat adalah masalah krusial dan utama sekali sebelum kita melakukan amal ibadah. Di momen awal ini pastikan hati dan pikiran kita sudah bersih dari segala hal yang akan memecah konsentrasi kita selain menghadap padaNya. Totalitas kita meninggalkan sementara perkara duniawi adalah bentuk kepasrahan yang harus mampu kita rasakan sebelum memulai shalat.

2. Coba hayati arti umur dan kesempatan yang masih ada.

Dengan penghayatan ini kita akan lebih termotivasi untuk bersemangat melakukan shalat disertai gambaran yang lebih kuat bagaimana jika ini ternyata adalah ibadah terakhir.

3. Sedapatnya mengerti arti dan makna bacaan shalat.

Meski tidak seluruh arti dan makna apa yang kita ucapkan dalam shalat dapat kita mengerti, paling tidak misalnya untuk bacaan wajib rukun shalat sebaiknya jangan dilewatkan untuk kita pelajari dan fahami. Dengan mengerti bacaan biasanya membuat konsentrasi lebih terjaga.

4. Shalat tepat waktu.

Untuk bisa meraih kekhusyukan dalam shalat, upayakan melaksanakannya tepat waktu. Lakukan berjamaah (khususnya pria). Hal ini akan mendorong kita lebih mampu menikmati ibadah. Rileks dan tidak terburu-terburu. Aura suasana tempat ibadah (masjid,surau,mushalla) akan sangat membantu tercapainya kekhusyukan shalat.

5. Tetap berusaha memperbaiki kualitas shalat.

Seorang hamba yang baik tentu akan tertuntun hatinya untuk terus memperbaiki diri. Dalam hal ibadah juga demikian. Ia akan senantiasa mengoreksi diri apakah amalnya sudah sesuai dengan tuntunan Allah dan rasulNya. Kemudian sedapat mungkin menyesuaikan dan berangsur memperbaiki segala kesalahan dan kekeliruannya.

Nah sahabat yang baik, sekian artikel singkat tentang
Agar Shalat Bisa Lebih Khusyuk ini yang juga tentu sangat-sangat jauh dari kelayakan untuk bisa jadi penuntun. Akhirnya hanya kepadaNya kita serahkan segala urusan dan masalah apapun yang kita hadapi.

Wassalamu'alaikum


Ilustrasi foto  : flickr - Wajahat Mahmood