Mengatasi Kejenuhan Kerja

Kendalikan stress dengan menulis
Hapus stress atau kejenuhan dengan semangat bekerja


Pola jam kerja yang tetap gampang membuat seseorang terserang kejenuhan. Belum lagi mungkin karena faktor minat yang kurang pada pekerjaan berpeluang membuat seseorang kemudian berhadapan dengan stress sehingga kehilangan semangat menyelesaikan tugasnya.


produksispot.blogspot.com - Meski setiap orang pada akhirnya akan mampu melalukan penyesuaian diri pada ritme pekerjaannya tetapi tidak jarang juga ada saja yang mengaku kesulitan masuk pada pola keseharian yang dirasakan kian menjemukan. Banyak faktor yang bisa menjadikan seseorang mudah terserang jenuh atau bosan. Misalnya pola kerja yang monoton atau berulang dalam jangka waktu lama. Bisa juga karena faktor kurangnya apresiasi atasan atau lingkungan pada apa yang telah dilakukan, tidak adanya hirarki penjenjangan karir, ruang kebebasan pengembangan diri yang sempit ataupun karena faktor intern seperti minat yang rendah pada bidang pekerjaan dan masih banyak lagi beberapa alasan lainnya. 

Tetapi okelah, kita simpan dulu sementara faktor penyebab kejenuhan. Tulisan kali ini lebih fokus pada hal apa saja yang bisa kita lakukan agar dapat terhindar dari yang namanya bordomness atau kejenuhan.

Saya punya ide nih, beberapa cara untuk bisa mengurangi potensi terserang kejenuhan saat bekerja, diantaranya :

1. Kebersihan adalah sebagian dari iman

Percaya kan sahabat, kalau potensi sumber stress paling dominan itu adalah dari sesuatu yang terdekat dengan diri kita. Kalau dì kantor, ya ruangan kerja.Tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu. Agar terhindar dari kejenuhan bahkan stress, upayakan sedapatnya menjaga ruangan atau tempat kerja tetap bersih dan rapi. Dengan demikian, tidak saja fisik tetapi hati juga akan senantiasa terjaga optimis dan positif. Hal yang teratur itu menyenangkan. Hal yang rapi itu menenangkan. So, mengapa ragu untuk menjaga keteraturan, kerapihan maupun kebersihan jika hal itu dapat membahagiakan :)

2. Terapi aroma ... hmm

Sahabat, biasanya suasana yang rapi dan indah itu akan lebih terasa jika kita tambah dengan sentuhan aroma semerbak yang wangi. Karena ternyata secara fisiologis, menghirup wangi aroma itu dapat menstimulus bagian saraf di otak untuk menimbulkan kesan tertentu. Indra penciuman manusia terhubung langsung ke sistem saraf yang bisa menghadirkan mood yang baik.

3. Try to makes yourself home

Sahabat jangan ragu juga jika ingin membawa suasana "rumah" ke tempat kerja. Tetapi bukan berarti harus bawa-bawa perabot dapur segala lo ... Hihi. Atau perabot gardening. Secara ntar dibilang pindahan rumah lagi. Cukup yang simpel saja.  Misalnya memajang foto mereka yang kita sayangi dimeja kerja. Kalau belum berkeluarga atau masih ngejomblo yah foto si-dia juga boleh lah. Rumah atau tempat tinggal adalah muara dari segala perjuangan. Tempat dimana kita bisa melepaskan segala kepenatan, saling canda dan mencurahkan kehangatan, kasih sayang bersama. Suasana bahagia dari rumah seperti itu tidak ada salahnya dihadirkan ke tengah aktifitas kita agar semangat tetap terjaga.

4. Cokelat mana cokelat 

Ini ide selanjutnya. Coba deh makan cokelat kalau lagi bad-mood. Koq cokelat ? Masa sih makan cokelat bisa meningkatkan mood atau semangat ?Pastinya secara langsung memang tidak. Karena kandungan cokelat itu salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkan produksi hormon stress di otak. Makanya tingkat kecemasan menjadi turun. Jadi secara langsung untuk mendongkrak semangat ngga juga. Kalau tingkat stress menurun maka otomatis akan melegakan suasana hati dan perasaan.

Akhirnya menurut saya yang terpenting adalah bagaimana bersikap secara lebih bijak kalau lagi terdera kejenuhan atau kebosanan atau bisa jadi juga sampai stress ditempat kerja. Semua orang tentu tidak ada yang ingin terkena kan ? Semua orang pasti ingin bisa menikmati pekerjaannya, mencintai bidang tugasnya dengan sepenuh hati. Yang jelas pun setiap orang memiliki cara dan sikap masing-masing menanggapi semua fenomena perasaannya. Nah, kalau menurut sahabat sendiri bagaimana ?

Sekian dulu sahabat yang baik artikel yang singkat dan sederhana ini. Semoga ada manfaatnya dan salam sukses buat semua. Terima kasih. Wassalam.

Pictured by : flickr.com - Alan cleaver