Optimasi Karakter Suara Narasi Menggunakan Cool Edit Pro

Salah satu komponen dalam spot radio adalah suara narasi. Karakternya harus dioptimalkan untuk mendukung hasil akhir lebih sempurna.


produksispot.blogspot.com - Untuk menghindarkan noice atau gangguan suara yang tidak diinginkan, proses editing bagian demi bagian spot harus seksama. Tidak terkecuali pada komponen narasi. Editing yang baik tentu akan ikut mempengaruhi hasil akhir pembuatan spot.

Ada beberapa cara meng-optimalkan karakter suara narasi agar terdengar lebih hidup menggunakan software Cool Edit Pro. Salah satunya dengan cara dasar menggunakan setting efek sebagai berikut :

 1. Setelah suara terekam di bilah Single Wave, kita bisa menimbulkan karakter vocal narasi yang ada dengan klik tab Effects. Lalu arahkan cursor ke bawah, pilih Amplitude. Ikuti panah baru pilih cursor turun ke Dynamics Processing. Seperti gambar berikut

Mode Pilihan setting
Effects Standart Untuk Voice Narasi


2. Setelah tab Dynamics Processing ini di klik, maka akan keluar papan pilihan setting yang diinginkan. Masing-masing default setting akan menimbulkan hasil berbeda. Pada contoh ini, saya menggunakan setting Expander < 10 db. Klik, lalu rubah titik-titik pada skema sehingga menjadi seperti ini.

Titik dinamic processing
Setting Dynamic Processing


Note : Untuk menghilangkan titik yang ada cukup arahkan cursor ke titik itu, lalu tahan sambil menggeretnya ke bawah hingga batas tepi papan skema. Nanti titiknya hilang sendiri. Kalau mau menambah titik, cukup arahkan cursor ke garis yang berwarna biru itu dan klik. Maka titik akan timbul tepat diujung cursor.

3. Setelah dapat karakter yang diinginkan lalu klik OK (sebelum memastikannya bisa klik tombol preview dulu).

4. Nah, sampailah pada proses terakhir yaitu menghilangkan noice. Kita bisa memanfaatkan fasilitas yang ada dengan klik tab Effects. Lalu turunkan pilihan ke Noice Reduction. Setelah itu ikuti pilihan panah ke kanan, pilih opsi Hiss Reduction.

5. Kalau sudah diklik, maka akan muncul layar seperti gambar berikut :

Pilihan setting
Setting Hiss Reduction

Pastikan setting dengan Standart Hiss Reduction dengan tingkat peredaman Medium. Penggunaan tingkat peredaman hiss ini tergantung kebutuhan sahabat. Bagi yang menginginkan peredaman yang lebih kuat, bisa ubah saja ke tingkat High (Hi), atau jika perlu sedikit peredaman hiss, bisa ke tingkat Low (Low).

Nah demikian cara meng-optimalkan karakter suara dalam artikel singkat Optimasi Karakter Suara Narasi Menggunakan Cool Edit Pro ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan sukses selalu.

Wassalam.


No comments:

Post a Comment