Cara Memperpanjang Masa Berlaku SIM dari Luar Kota

SIM C


Memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi sekarang sudah kian terintegrasi. Kita bisa mengurus perpanjangan masa berlaku SIM darimanapun diseluruh Indonesia. Untuk mereka yang tempat kerjanya diluar kota, tidak lagi harus mengurus perpanjangan masa berlaku SIMnya di kota asal. Sekarang cukup dari kota tempat kerja atau berdomisili sementara juga bisa.


produksispot.blogspot.com - Sebagai pengendara yang baik pasti sadar pentingnya kelengkapan surat menyurat kendaraan termasuk lisence atau Surat Izin Mengemudi (SIM). Aman, nyaman. Tidak dihantui rasa "bersalah"pastinya kalau urusan surat menyurat kendaraan kita beres.

Nah sahabat, kali ini saya ikut sekedar sharing tentang cara mengurus perpanjangan masa berlaku SIM dari luar kota untuk sahabat yang mungkin memerlukan informasinya. Sebelumnya saya sedikit gambarkan bahwa informasi ini tidak bersifat mutlak mengikat ya. Artinya tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa perbedaan dalam prakteknya. Baik itu tahapan maupun materi persyaratannya di masing-masing daerah. Okey ? Nah baik. Kalau okey, silahkan lanjut menyimaknya ya agan-agan yang baik. :)

Kota tempat tinggal saya Samarinda Kaltim. Disini SIM C saya pertama kali diterbitkan. Lalu saya bekerja di Kota Sangatta Ibukota Kabupaten Kutai Timur Kaltim. Disini saya "dirumahkan" alias menetap sementara di Camp. Jelas, pas waktu berlaku SIM saya sedang sakaratul maut, tapi belum tiba masa cuti, berarti saya ngga bisa balik ke Samarinda untuk mengurus perpanjangan. Jadi harus saya urus di kota domisili sementara atau Sangatta tempat saya bekerja.

Yang jelas sesuai pengalaman saya, cara mengurusnya relatif mudah koq. Ngga ribet sebenarnya. Karena yang diperlukan itu hanya :

1. Surat Keterangan Kesehatan (ditempat yang ditunjuk).

2. Pas photo ukuran 3X4 sebanyak 4 lembar.

3. Kartu Tanpa Penduduk dan Fotokopinya (yang e-KTP loh ya)

4. SIM asli yang akan diperpanjang masa berlakunya. Dan ... jangan lupa. Ini yang penting. Surat Keterangan Domisili dari Ketua RT tempat kita bermukim. Kalau saya, RT 24 Swarga Bara Sangatta Utara. Kaya begini penampakan suratnya Gan :)


RT 24 Mess Pama KPCS



Sedikit saran ni soal urutan pengurusannya terutama bagi yang pertama kali melakukannya supaya bisa cepat dan praktis.

Pertama, periksa kesehatan di praktek dokter (tapi maaf saya lupa namanya dr, siapa gitu, hiks..). Tempatnya tepat di samping kanan sebuah supermarket dibilangan Jalan Karya Etam. Jangan lupa fotokopi e-KTP nya ya Gan. Satu lembar aja. Kalau sudah ada photo, siapin ukuran 3X4 sebanyak 4 lembar. Kalau belum punya atau kelupaan bawa, kita bisa koq berfoto ditempat praktek ini. Chargenya Rp.20.000. Sedangkan biaya administrasi Surat Kesehatan dari dokternya sendiri Rp.30.000.

Kedua, kelar dari sini kita terus diarahin menuju Unit Satlantas di Polres Kutim Jalan Sudirman. Tempatnya ngga begitu jauh dari tempat periksa kesehatan ini. Ke pintu Loket 2 Unit Satlantas tepatnya. Disitu tertera koq tulisannya gede. Hehe ...

Ketiga, bisa ambil formulir dalam map khusus untuk pengisian data diri. Kalau sudah, taruh kembali di meja bagian pembayaran biaya (ya eyalah, masa mau dibawa pulang sih..haha). Tempatnya di loket yang paling kanan. Biaya untuk perpanjangan SIM C Rp.75.000. Silahkan ngantri dulu.

Keempat, setelah dipanggil, kemudian kita diarahin ke bagian Loket 3. Pintunya berseberangan dengan pintu Loket 2 ini. Disitu taruh berkas dalam map tadi di loket khusus Penerimaan SIM. Tunggu panggilan masuk untuk difoto.

Kelima, kelar difoto dan ditanya-tanyain dikitlah soal data pribadi, udah. Tinggal nunggu lembar SIM asli baru di loket pengambilan SIM tadi.

Keenam, Alhamdulillaah untuk segala kelancaran urusan. Oh iya trims berat juga ni buat bapak dan ibu Polisi khususnya di unit Satlantas yang sudah dengan sabar dan ramah menyapa serta melayani. Chieee ... :)

Tempo hari waktu ngurus, saya start dari Mess sekitar jam 9. Semua urusan kelar sekitar jam 13.30 siang. Praktis kan ? Modalnya sabar, ngga buru-buru dan persiapkan batere gadgetnya full-charged biar bisa jadi teman saat nunggu-nunggu. :)

Nah sahabat, begitu dulu ya sharing infonya. Syukur kalau bisa manfaat. Ngga lupa moga sukses untuk kita semua. Aamiin.

Terima kasih sudah berkenan membaca artikel sederhana ini. Wassalam


No comments:

Post a Comment