Pengalaman JELAJAH ke Air Terjun Katak Samboja - Bagian 1

Komunitas Jelajah di Arter Katak Samboja



Ngomongin soal pengalaman, pastinya asik. Saat perjalanan ditempuh bareng, jadinya rame. Penuh canda dan tawa. Perasaanpun jadi senang, bahagia. Itu yang membuat semangat tetap menyala. Yah begitulah. Suka dan duka ditanggung dan dirasakan bersama. 


produksispot.blogspot.com - Tidak terkecuali bagi sahabat kita dari komunitas penggiat wisata, budaya, sejarah dan lingkungan JELAJAH-HoS Samarinda. Mengawali tahun 2018 dengan satu trip seru ke objek wisata Air Terjun Katak. Sobat Bloggin Up pengen tahu gimana ceritanya ? Okey deh, kita simak gambaran pengalaman itu lewat satu tulisan sahabat Fadli Ahmad dari komunitas Jelajah-HoS berikut ini.

Oh ya terima kasih mas Fadli yang sudah berkenan berbagi dan menjadi Guest-Writer di Bloggin Up. Tetap semangat dan sukses selalu. Aamiin.

________________________


Air terjun Katak. Mendengar namanya saja sudah membuat PANASaran. Yang kebayang mungkin airnya yang meloncat-loncat bagai katak. Eh ternyata. Tak seperti yang kubayangkan. Tapi bentar. Paling tidak, ada satu fakta nih yang mungkin berhubungan erat dengan sebutan untuk air terjun (arter) ini. Di atas arter ini memang banyak kataknya. Hmmm... kayanya sih, ini salah satu penyebab mengapa air terjun ini dinamai air terjun Katak. :)

Kekhasan arter Katak

Kalau pendapat pribadiku sih air terjun Katak ini punya ciri khas tersendiri. Selain banyak kataknya, airnya juga cukup bersih. Sedangkan kalau soal ketinggiannya, kayanya hampir sama saja dengan yang lain. Seperti misalnya air terjun Bukit Biru dan sebagainya.

Oh iya. Satu perbedaan lagi yang jadi ciri khas karena belum pernah kutemui di objek wisata arter lain sementara ini. Hehe ... Yaitu, perjalanannya bro and sis ! Perjalanan menuju air terjunnya itu loh yang telah memberiku dan teman-teman sensasi tersendiri :D Seru dah pokoknya. Faktor cuaca ternyata sangat berperan membuat perjalanan menjadi begitu "menantang" menuju arter ini. :D

Lokasi arter Katak

Lokasi arter Katak berada di km 38 Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, propinsi Kalimantan Timur.  Jalurnya, masuk ke simpangan arah Objek Wisata Bukit Bengkirai atau yang ke Sepaku. Dari simpangan masuk ± 8 km. Nanti di pinggir jalan raya sebelah kiri jalan, ada spanduk bertuliskan "Selamat Datang di Air Terjun Katak Km 38". Spanduk ini hasil prakasa rekan komunitas JEJAK BUDAYA dari Kutai Kartanegara.

Spanduk di gerbang masuk arter Katak

Nah, dengan berdiri di seberang spanduk tadi, kita sudah bisa melihat jalan masuk menuju ke air terjunnya. Dengan kondisi jalan yang bisa saya katakan masih kurang enak untuk dilalui. Jalannya masih tanah bercampur bebatuan. Kalau sedang musim hujan seperti waktu trip kami, tentu becek hampir sepanjang jalan. Untuk sampai ke arter kita harus masuk lagi menempuh jarak sekitar 7 km. (bersambung)


Penulis : Fadli Ahmad (Anggota JELAJAH-HoS Samarinda)
Editor   : Agus P
Foto      : JELAJAH / JEJAK BUDAYA


No comments:

Post a Comment