Tips Menghemat Kuota Internet

Menghemat kuota internet
Kuota internet boros ? No Way !


Kalau lagi asyik atau lagi pengen berselancar di dunia maya, masalah jaringan atau kuota paket internetnya pasti jadi hal yang paling diperhatikan. Semua orang menginginkan pengalaman browsing yang manteb. Koneksi cepat plus ketersediaan kuota yang cukup. 



produksispot.blogspot.com - Tetapi kalau tiba-tiba koneksi kerasa lambat. Lamaaaa banget loading "page"nya. Haduh bisa langsung yang kepikir, apa iya kuotanya sudah habis ? Masa sih ? Kan baru aja beli. Ah ngga percaya.

Ya udah timbang penasaran, langsung aja cek pemakaian kuotanya. Dan ternyata, ta-daaa .... sisa kuota memang sudah tipis saudara-saudara. Tinggal dikit. Hadeeh kerasa kaya kerampok dah.

Nah, supaya pengalaman serupa tidak terjadi pada sahabat, kita lihat saja beberapa hal yang katanya sebagai penyedot pulsa kuota internet lebih dan lebih banyak dari penggunaan normal.

Baca juga : Tips Menghemat Baterai Komputer Tablet

1. Streaming Video atau TV Online

Ini dia penyedot kuota yang lumayan ganas. Tarikan pemakaiannya sekali klik itu bisa mencapai sekitar 50 MB setiap menitnya. Ngga percaya ? Kalau sahabat mau coba, boleh. Tapi kalau penulis sendiri, jujur, belum pernah fokus sih nyobain memperhatikan berapa jumlah kuota yang berkurang setiap kali terhubung dengan situs-situs penyedia layanan nonton video streaming itu. Tetapi faktanya, memang kerasa. Dijamin. Satu kali pernah tempo hari. Setelah itu cek sisa kuota, terlihat emang terjun bebas sob. Hihi...

2. Upload Video

Punya channel di You Tube misalnya memang asyik. Apalagi bagi yang punya hobi bikin-bikin video tutorial. Untuk sarana sharingnya ya disitu. Tetapi, nah ada tapinya ni. Kalau mau ngaplod, sebaiknya joint pake wifi aja deh. Disamping lebih cepat juga tentu ngga makan kuota internet. Kuota yang dipakai tergantung pada durasi dan resolusi video yang akan diupload. Jadi semakin singkat durasi dan  kecil resolusi, makin kecil juga kebutuhan bandwitchnya. Penggunaan jalur wifi untuk keperluan upload biasanya ikut disarankan oleh penyedia layanan demi kelancaran dan kenyamanan pengguna.

3. Streaming Musik

Salah satu kelebihan mendengarkan musik atau lagu favorit secara streaming dari penyedia layanan musik online, tentu menghemat space atau ruang pada penyimpanan digadget kita. Kita tidak perlu menyimpan lagu atau musik itu tetapi bisa langsung menikmatinya kapanpun, selama berada dalam cakupan area provider. Data yang digunakan untuk streaming lagu ini bisa mencapai 2.4 MB per menit untuk resolusi suara 320 kbps.

4. Video Chatting / Obrolan Realtime

Hati-hati lo kalau chatting. Bisa lumayan nyedot pulsa juga ternyata. Kalau ... chatting video tapi. Hehe ... Kuota yang diperlukan untuk melakukan percakapan "face to face" ini sekitar 3 MB per-menit. Lumayan kan ? Apalagi kalau pas sudah keasyikan, ngga kerasa udah 1 jam-an aja ngobrolnya. Wah sudah jadi berapa tu kuota yang dipake ? Mmm... sekitar 180 MB-an ya.

Mode hemat dengan pengaturan tingkat resolusi video rendah dianjurkan bagi sahabat yang "tak rela" kehilangan kuota sebanyak itu pada keadaan tertentu. Pas lagi bokek misalnya. :)

5. Bermain Game Online

Memang tidak semua game online itu boros pulsa. Ada yang hanya perlu beberapa kilo-bytes. Tetapi juga tidak sedikit yang kebutuhan kuotanya gede. Jadi pastikan saja rajin-rajin cek sisa kuotanya ya. *Maklum lagi super-super ngirit. Buang dulu rasa malu dikatain nafsu gede modal kurang ya. :)

Untuk game yang sifatnya virtual-data atau real-time biasanya memerlukan data kurang lebih 1 MB-an / menit.

Nah sahabat yang baik, begitu dulu ya artikel tentang Tips Menghemat Kuota Internet ini. Moga ada manfaatnya. Mohon maaf juga atas kekurangan yang ada.

Tak lupa sukses selalu dan Wassalam.

Sumber : Kompas Techno dari CNET



No comments:

Post a Comment