Ini yang Paling Ditunggu Saat di Sekolah - Memoar Kecil SMADA ku Doeloe

SMADA angkatan 1992, Kelas 2-1
Didepan gerbang sekolah. Teman-teman kelas 3 Fis. SMA Negeri 2 Samarinda Angkatan 1992



Masa-masa sekolah itu katanya masa paling indah ya ? Masa kala kita merasa plong dan ngga ada beban dalam berbaur dan bersahabat. Tampil lepas apa adanya. Hihi ... :)


produksispot.blogspot.com - Ngga kerasa sampai tahun ini sejak 1992, udah 20 tahunan lebih berpisah dengan SMA. Tapi kerasanya seperti cuman baru kemarin di sekolah. Dimulai ketika seorang teman sharing foto-foto waktu SMA. Wih begitu ngeliat aja udah langsung senyam-senyum sendiri.

Nah, sahabat ingat ngga waktu sekolah “doeloe”.  Ada yang namanya waktu-waktu istimewa. Waktu yang selalu setia dinantih, ditungguh. Kenapa ? Soalnya bisa lepas dari buku alias ngga belajar...! *horee....  Apa aja ya kira-kira saat-saat yang paling ditunggu itu ? Kayanya yang ini ni :   

1. Guru Berhalangan Masuk Mengajar
 
Suasana kelas bisa aja tegaaaaaang sekali. Horor lah pokoknya. Soalnya yang bakal masuk guru yang terkenal “killer”. Biasanya guru yang kharismatik kaya begini, belum masuk kelas aja para murid sudah pada ngerasa tegang. Tunggu punya tunggu 5, 6, 7 menit koq gurunya belum masuk ya. 15 menit, juga belum ada. Weh, apa berhalangan ngajar ya ? Nah, biasanya mulai dihitungan beberapa menit itu, ya 5 atau 15 menitlah, kalau sang guru belum masuk kelas juga, seperti menerbitkan secercah “kebahagiaan”. Hihi ...

Nah, kalau yang terjadi seperti ini, maka ketua kelas dengan sigap akan menjalankan perannya. Sudah tugasnya untuk memberikan kepastian hukum demi terjaganya stabilitas keamanan kelas. Wkwkwk ... Mulailah ketua kelas dengan langkahnya memastikan keberadaan guru yang bersangkutan, ke kantin. Eh, halaahh, koq kantin sih, ke Ruang Guru maksudnya. :)

Dan tunggu saja, begitu ketua kelas balik dari Ruang Guru, rata-rata pasti akan fokus pada apa yang akan dititahkan oleh kepala suku, tepat dilangkah pertamanya di bawah pintu masuk kelas. Apalagi ini adalah jam terakhir sekolah. Perut dah keroncongan, baju mulai apek, wah pokoknya penuh penderitaanlah. La jadi apa kata ketua kelas ? Kalau ketua kelas bilang, “Ngga ada. Bapaknya ngga masuk hari ini ...!” maka, apa yang terjadi saudarrra saudarrra ?


Kelas 3 Fis Samada 1992
Boleh pulang.... hore...!!! Sangking hepinya sampai ada yang naik-naik ke kursi tu,ngapain coba. Hehe... (yg ngerasa piss ya...)

 Yak. Kayanya udah bisa ketebak deh. Beginilah kurang lebih keadaannya... haha... :) Aduuh maaf ya bapak/ibu guru tercinta, kami semua terlupa... hiks-hiks... Jam belajar kosong dijadwal terakhir, ngga jarang bisa berarti pulang lebih cepat. Horeeee ... :D :D :D


2. Jam Istirahat

Waktu istirahat, waktu yang ditunggu-tunggu pastinya. Meski terkadang, waktu istirahat juga bisa berubah menjadi "azab". Tau kan ? Kalau pas lagi khusyuk-khusyuknya menjawab soal ujian harian, tiba-tiba bel istirahat sudah berbunyi, wek- wewwww... jadi seperti kesambar geledek. Soal ujiannya ada 50, yang belum terjawab masih ada 10 ! Owww... tidaaak. :(

3. Praktek Pelajaran Olah Raga

Na ini adalah waktu yang tak kalah istimewanya. Singkatnya setiap kegiatan yang bertempat diluar kelas, apalagi sampai keluar sekolah, bikin suasana hati lebih senang. Kan bosen dikelas terus. Menyimak, nulis, dikte pelajaran. Sekali-kali kalau belajar diluar kelas tu membuat waktu disekolah jadi lebih asik.


3 Fisik Smada
Tiba jam olahraga, semangat cuy ... :D

4. Class-Meeting

Entah apa istilah sekarang, kalau dulu waktu sekolah sebutannya "class-meeting". Pertemuan kelas-kelas. Iya. Semua kelas saling bertemu untuk beradu prestasi. Kegiatan lombanya macam-macam. Biasanya olah-raga atau kegiatan-kegiatan ekskul yang ada disekolah.

5. Liburan

Liburaaaann... ! Ow ya akhirnya. Liburan itu berjuta rasanya. Kalau sekali seminggu sudah ada hari minggu, kalau akhir semester ada liburan panjang. Na ini ni waktu yang ditunggu-tunggu. Trus, fenomena menarik masa liburan ini kalau akan kembali masuk sekolah. Ada rasa kangen ingin segera bertemu teman-teman. Jadi biasanya hari pertama masuk sekolah tu senang and seru karena sudah kembali jumpa dengan sohib semua. Hmmmm .... akuuur. :)    

Masa sekolah yang indah, indah dengan semua kenangannya. Alhamdulillaahirobbil'aalamiin.



Image Courtesy : M "Bob" Safriansyah




1 comment: