Jagung Rebus, Saya Suka Saya Suka

Jagung rebus
Lezat rasanya, besar manfaatnya


Mencari panganan ringan tapi juga menyehatkan. Malam-malam lagi dingin, ngga ada makanan. Eh dapat ide makan jagung. Hmmm. Selain menggugah selera hangat-hangat setelah direbus, terus di cocol pake pirikan garam plus cabe rawit atau disiram pake lelehan mentega, waaaah.... asoy geboy. Makan jagung memang lezat dan yang penting banyak manfaatnya.



produksispot.blogspot.com - Jangan ragu memilih jagung baik sebagai makanan berat maupun ringan buat selingan. Banyak kandungan gizinya sob.

Jagung itu :

1. Kaya serat.

Kebutuhan serat alami manusia setiap hari adalah sekitar 30 gram. Serat bisa didapatkan dari berbagai jenis sayur atau buah. Fungsinya cukup penting bagi proses pencernaan. Mau serat yang cukup, pilih jagung.

2. Bebas Gluten

Tidak semua orang cocok dengan gluten. Ada juga yang alergi. Gluten itu singkatnya adalah zat protein berstruktur kenyal yang biasanya terdapat pada tepung. Gluten ini memang nyaman dilidah, tapi belum tentu untuk kesehatan. Beberapa riset di Eropa dan Amerika telah membuktikan bahwa Glycoprotein yang terkandung dalam gluten menjadi salah satu pencetus penyakit Seliaka (penyakit yang berhubungan dengan gangguan perut). Organ usus jadi sasarannya. Lebih jauh dampak negatif gluten menyebabkan Irritable Bowel Syndrome (IBS). Jagung, tentu bebas gluten. kalau dijadikan tepung maka jadi alternatif yang lebih sehat.

3. Rendah Gula

Untuk yang diet gula, jangan khawatir, jagung sedikit kandungan gulanya. Mungkin orang mengira jagung manis punya kandungan gula tinggi. Dengam takaran berat yang sama, jumlah kalori jagung sama dengan sebutir apel dengan tidak sampai seperempat gula alami apel.

4. Kaya nutrisi

Seperti halnya jenis sayuran lain, jagung juga kaya akan nutrisi, termasuk antioksidan, beta karoten dan lutein. Nutrisi penting mencegah penyakit mata. Selain itu jagung juga mengandung vitamin B, C, magnesium serta kalium.

Sekian dulu sekilas tentang jagung dengan beberapa zat kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan. Panganan lezat, praktis, ekonomis dan sehat tentu.

Wassalam

Image courtesy : Sommay at FreeDigitalPhotos.net


No comments:

Post a Comment