Mau Nikmat Ibadah ? Mari Jaga Hati

 
Jaga Hati Agar Nikmat Beribadah
Hati terjaga, ibadah ternikmati

 

Hati atau qolbu adalah sentral. Pusat naluri imaniah seorang insan. Jika dia baik maka akan baik pula seluruh tubuh (amal ibadah dan perbuatannya). Demikian pula sebaliknya. Maka mari jaga kebugaran hati.


produksispot.blogspot.com - Sobat, Allah menuntut kita semua selama hidup di dunia untuk beribadah selalu dengan hati sebelum dengan lisan dan tubuh. Hingga Allah menyuruh untuk menancapkan pilar ibadah yaitu ikhlas.

Tetapi, apakah setiap hati bisa melakukan ibadah kepada Rabbnya dengan baik? Jawabnya sangat jelas, hati yang bisa menikmati penghambaan kepada Yang Maha Sempurna hanyalah hati yang sehat.

Berikut analoginya : Orang yang sakit akan tersiksa oleh sesuatu yang tak dirasakan oleh orang yang sehat. Misalnya, sedikit panas, dingin, dan gerak. Demikian pula hati, jika ia terjangkit penyakit, ia akan tersiksa oleh fitnah syahwat dan syubhat, sekalipun yang paling kecil. Karena, ia tidak memiliki daya tahan yang baik. Sementara itu, hati yang sehat lagi kuat, akan mampu menghalaunya dengan lebih kuat, lewat kekuatan dan kesehatannya.

Kita semua harus mengerti akan hal yang dapat menjaga kebugaran hati, diantaranya :

1. Yang memberi daya tahan hati yaitu iman (ilmu) dan amal shalih yang dirutinkan.

2. Yang menjaga kebugaran hati dengan meninggalkan segala yang haram.

3. Yang mengeluarkan virus dan racun dari dalam hati yaitu taubat dan istighfar.

Ya Allah jagalah hati kami, teguhkanlah ia diatas kebenaran. Aamiin ya Rabbal 'aalamiin.


Penulis : Ummu Rumman dari Ust. Djazuli
Editor   : Agus P
Pict.      : orchardhillag.com



No comments:

Post a Comment