Pilihan Program Acara Radio Menarik Bulan Puasa

Spesial program ramadhan 978 bahana fm
Special Program 97.8 Bahana FM (Paras FM Group)
Sangatta Kutai Timur

Selain program acara reguler, station radio biasanya akan mempersiapkan beberapa mata acara khusus untuk menyambut rentang waktu tertentu. Special occasion seperti bulan puasa / Ramadhan misalnya. Coba kita simak, program acara menarik apa saja yang biasanya dihadirkan.



produksispot.blogspot.com - Untuk memberikan atmosfir berbeda bagi pendengar, kebanyakan station radio pasti mempersiapkan beberapa mata acara khusus. Tidak terkecuali di bulan suci Ramadhan yang datang setiap tahun.

Ada bermacam program siaran yang menarik dapat diramu menyapa pendengar. Mulai dari ceramah agama, duet/tandem announcers, atau bentuk-bentuk paket siaran lainnya. Berikut beberapa contoh program spesial yang biasanya dikemas seiring datangnya bulan puasa.

1. Ceramah agama

Menjelang Berbuka
Kultum Ramadhan 978 Bahana FM

Rancang acara ini berisikan materi singkat oleh para Da'i atau ulama. Kita bisa mengundang langsung penceramah untuk taping ke studio atau mendapatkan paket rekaman jadi. Thausiah ini pas jika ditayangkan saat menjelang berbuka puasa maupun setelah gema adzan subuh. Meski tidak jarang pula yang memasangkan di sesi waktu yang lain.

2. Insert Tips Sehat Berpuasa

Tips sehat puasa setiap hari
Tips Sehat Puasa 978 Bahana FM

Untuk mengemukakan selintas tips praktis berpuasa tidak memerlukan durasi yang panjang. Cukup 3-5 menit. Maka, pengemasan dengan style dinamis cocok untuk jenis flash-insertion ini. Isinya adalah tentang berbagai info singkat atau tips dan trik seputar bagaimana melakukan ibadah puasa agar tetap sehat.

3. Program Paket Pernak-pernik seputar Islam

Setiap hari bulan ramadhan
Kisah 25 Nabi dan Rasul 978 Bahana FM

Banyak sekali yang bisa digali dari khasanah keilmuan yang berhubungan dengan agama Islam. Sejarah, peradaban, kandungan hadits hingga mutiara hikmah ayat-ayat suci Al-Qur'an. Semua bisa diolah menjadi sebuah produk mata acara spesial oleh tim kreatif atau tim bagian produksi. Paket rekaman dibuat singkat, padat dan jelas dengan cara penyajian yang kreatif. Kisah-kisah teladan dari para nabi dan rasul misalnya, cukup menarik untuk dijadikan tema.

4. Program Live menantikan saat berbuka dan bersantap sahur

CCR setiap sore
CCR - Cuap Cuap Ramadhan 978 Bahana FM

Lebih asyik kalau acara seperti ini dikemas live. Duet antara 2 orang announcer membuat suasana lebih asyik. Lebih dinamis. Tentukan tema yang sejalan dengan kondisi aktual saat berpuasa. Berikan pula kupasan singkat tentang berbagai hal atau serba serbi menarik yang biasanya menjadi ciri khas bulan puasa. Tidak saja yang ada di Indonesia. Jika perlu tentang kekhasan ramadhan yang ada dimancanegara. Lebih hidup lagi bila mampu dikemas dengan latar musik atau instrumen khas.

Sebenarnya banyak sekali ragam program acara spesial dengan tehnik penyajian lainnya yang bisa dihadirkan mengiringi saat khusus seperti bulan puasa. Dengan hadirnya program khusus itu tentu akan memberikan warna yang berbeda. Dengan usaha ini diharapkan pendengar akan semakin akrab dan betah berlama-lama menikmati siaran di radionya.

Selamat berkreasi sahabat menyemarakkan bulan yang penuh berkah. Semoga Allah meridhai amal usaha kita semua. Aamiin.

Sukses selalu dan Wassalam


No comments:

Post a Comment