Mau Menyiar Bagus, Kuasai Musical Touch

Mau Nyiar Bagus, Kuasai Musical Touch
Musical Touch

Musical Touch merupakan salah satu kunci sukses seorang radio announcer. Untuk mengasahnya diperlukan beberapa kiat khusus. Dengan penguasaan musical touch yang baik, seorang penyiar akan mampu lebih "menyenangkan" pendengarnya.


produksispot.blogspot.com - Diperlukan keuletan dan tak kenal kata bosan atau untuk terus belajar bagi seorang announcer. Musical touch atau feeling music terbentuk perlahan, bagai seorang anak belajar bahasa ibu, maka kemampuan musical touch sebagai akuisisi sebuah bahasa perlu banyak penguasaan referensi musik, mengenal genre musik, pengelompokkan dan sejarah musik itu sendiri.

Seorang penyiar secara refleks sudah faham dengan mendengar sebuah rekaman musik genre dari lagu yang diputar misalnya pop, jazz, rock atau blues. Namun pengkategorian atau genre musik saat ini semakin dinamis, sehingga tak jarang dalam satu album yang dirilis musisi kita jumpai berbagai genre dengan rentang yang lebar berbeda satu lagu dengan yang lain atau malah perpaduan tipis di antara beberapa genre dalam sebuah lagu.

Hal itu merupakan kewajaran mengingat saat ini semakin maju, canggih, industri musik, dan semakin kreatifnya musisi atau artis musik dalam meramu lagu, single atau musik yang mereka mainkan atau rilis. Sehingga semakin tipis batasan-batasan genre musik atau malah lahirnya genre baru yang belum pernah ada sebelumnya, karena faktor; kreatifitas, teknologi, trend, atau unsur dinamis dari musisi itu sendiri.

Maka satu hal yang menjadi kunci seorang announcer radio khususnya dalam mengasah musical touch adalah belajar, diskusi, referensi dan mendengar musik lebih banyak.

Penulis :
Rakhman Halim S.Pd, M.Pd, Guru Bahasa Inggris dan Pembina Ekskul Radio FM SMPN 7 Bontang - Kaltim 


No comments:

Post a Comment