Beribadah Karena Allah

Mesjid



Beribadah tidak harus selalu identik dengan hamparan sajadah atau butiran tasbih. Banyak sekali aktifitas keseharian yang sebenarnya juga adalah ibadah. Sepanjang niat melakukannya benar-benar tulus hanya karenaNya.



produksispot.blogspot.com - Jika kita beramal kebaikan karena mengharapkan penghargaan mahluk maka siap-siaplah untuk kecewa. Kenapa ? Karena sesungguhnya mahluk itu lemah, tak berdaya, hatinya mudah berubah.

Sungguh sangat mudah bagi Allah untuk membolak balik hati manusia dari yang awalnya suka menjadi tidak suka. Dari yang asalnya cinta menjadi tidak cinta. Dan, jika ini sudah terjadi maka kita tidak bisa apa-apa selain merasakan kecewa.

Oleh karena itu, kalau kita merasakan kecewa karena suatu kejadian, segera periksa ke dalam hati. Apakah yang mendominasi hati kita. Nama siapakah yang memenuhi hati kita. Jika hati kita dipenuhi dengan nama mahluk, setiap saat hanya dia yang kita ingat, setiap perbuatan hanya demi dia maka inilah sumber kekecewaan itu.

Sedangkan jika hati kita dipenuhi dengan nama Allah, setiap tujuan dari amal kita adalah Allah, niscaya hati kita tetap tenang. Sepahit apapun kenyataan yang kita hadapi.

Maka penting bagi kita untuk istiqomah menjaga niat beramal hanya lillaahi ta'aala. Niatkan setiap kebaikan hanya mengharap penilaian dari Allah semata. Tepiskan bisikan-bisikan syaitan yang selalu menghasut kita untuk riya. Yakinlah bahwa Allah Maha Kuasa. Lurus saja mengharapkan ridhaNya.Insyaa Allah, Dia akan gerakkan setiap apapun untuk kebaikan kita.

Wallaahu a'lam bishowaab.




Ingin berinfaq ?
Donasi SMS Tauhiid : Rek Mandiri : 131.00.303030.87 An. SMS Tauhiid



Sumber  : SMS Tauhiid
Oleh        : KH Abdullah Gymnastiar
Editor     : Rashid Satari
Foto        : flickr