Cara Verifikasi Rekening Bank untuk Menerima Pembayaran dari Google AdSense

Konfirmasi Verifikasi Nomor Rekening untuk Google AdSense telah selesai

Pada artikel sebelumnya, saya sudah berbagi soal cara menetapkan metode pembayaran dari Google AdSense. Kali ini saya lanjutin tentang cara verifikasi nomor rekening bank sebagai tujuan transfer pembayaran (Payout) Google AdSense.

produksispot.blogspot.com - Seperti kita semua khususnya sobat blogger ketahui, blog yang bermitra dengan AdSense kalau sudah berhasil melampaui ambang batas pembayaran (Rp. 1.300.000) maka akan bisa mulai menerima "imbalan". Baik secara transfer, atau melalui metode lain sesuai pilihan. Kalau misalnya kita memilih metode transfer via rekening sebagai metode utama maka nanti setiap pembayaran Google akan disalurkan langsung masuk ke nomor rekening bank kita.

Tetapi sebelum mengamankan data nomor rekening itu, Google akan terlebih dahulu melakukan langkah verifikasi. Hal itu untuk memastikan bahwa data yang kita berikan valid. Agar proses pentransferan uangnya nanti bisa berjalan lancar, selamat sentosa mendarat tanpa kendala ke rekening kita. Ngga nyasar ke rekening orang lain. Hehe ...

Baik. Langsung aja. Seperti petunjuk resmi Google begini alur untuk memverifikasi nomor rekening bisa klik disini. Atau sesuai pengalaman saya kurang lebih seperti berikut :

Langkah 1 : 

Login ke akun AdSense

Langkah 2 :

Klik gambar garis 3 dipojok kiri atas. Pilih menu "Payments" / "pembayaran" di layar turun.

Pilihan menu Payments di akun Google AdSense
Gambar 1
Langkah 3 :

Pilih tab "Verifikasi sekarang". Kalau dari pengalaman saya, karena belum menyelesaikan pengisian form verifikasi pada kesempatan sebelumnya maka akan muncul pemberitahuan dihalaman Verifikasi seperti gambar 2 dibawah ini.

Tab Verifikasi nomor rekening belum selesai
Gambar 2
Koq bisa muncul notif seperti itu ? Jawabnya karena memang belum selesai pengisian formnya.

Untuk diketahui, saat mengisi form verifikasi, Google lalu meminta kita untuk ngecek transaksi kredit dengan nominal tertentu ke rekening kita. Kalau belum ada saat itu, ya berarti pada sekitar 2 sampai 5 hari kerja setelah kita mengisi form.

Nah, karena waktu saya ngecek ke rekening saya saat ngisi form belum langsung tercantum kredit sejumlah uang transfer percobaan atas nama Google Asia Pac maka saya pending aja. Setelah 3 harian setelah itu baru saya buka kembali akun AdSense untuk menyelesaikan proses verifikasinya.

Langkah 4 :

Setelah 2 atau 5 hari kerja sejak pemberitahuan tranfer percobaan, silahkan cek kembali notifikasi kredit di rekening bank sobat. Apakah sudah ada notifikasi kredit sejumlah uang masuk (nominalnya kurang dari Rp 1000) atas nama Google Asia Pac. Jika sudah maka proses verifikasinya bisa kita lanjutin. Memang sih, sangat disarankan sobat menggunakan aplikasi e-banking agar lebih mudah ngeceknya. Daripada harus bolak balik bank nanya ke teller atau CSnya. Kan repot juga.

Notif transfer percobaan Google AdSense
Gambar 3
Langkah 5 :

Setelah ketemu transaksi masuk / kredit dari Google Asia Pac dilaporan mutasi bank kita seperti gambar 3 diatas maka tinggal masukkin angka sesuai jumlah nominal kredit yang tertera ke kolom pilihan tarik-turun di form.

Langkah 6 :

Klik tab Verifikasi. Nanti akan muncul laman seperti gambar 4 dibawah ini. "Your Bank Account is verified". Okey. Got It. Selesai.

Notifikasi nomor rekening telah terverifikasi
Gambar 4
Nah begitu dulu artikel sederhana soal cara memverifikasi nomor rekening untuk menerima pendapatan dari tayangan iklan di blog kita sebagai mitra Google AdSense. Kurang lebihnya saya mohon maaf bila dalam paparan ini terdapat satu dua hal yang mungkin terlewat. But over all, semoga ada manfaatnya menambah semangat ngeblog.

Oh ya, setiap progress pada proses mulai pemilihan metode pembayaran, hingga verifikasi, pihak Google juga mengirimkan email khusus. Jadi pastiin rajin-rajin buka email untuk ngecek perkembangannya ya Sob. Dah itu aja tambahannnya. Hehe...

Salam sukses ngeblog dan Wassalam.