Taman Samarendah Bagus Sih. Tapi ...

Plang tulisan taman
Taman Samarendah Samarinda Kaltim waktu malam

Keberadaan Taman Kota, memang bermanfaat. Selain sebagai ruang hijau juga bisa jadi tempat bersantai. Supaya manfaatnya maksimal, perlu sarana pendukung yang maksimal juga. Kan sayang kalau tamannya tu sebenarnya sudah bagus, tapi sarana pendukungnya kurang. Kesannya malah jadi "nanggung".  

produksispot.blogspot.com - Sebut saja seperti Taman Samarendah Samarinda. Areal yang terletak ditengah kota ini, sebenarnya cukup bagus kalau dipakein lampu lebih terang lagi. Kalau menurut saya sih taman ini kalau malam rada kurang lampunya. Masih ada beberapa titik atau sudutnya yang terkesan remang-remang. Jadi nanggung kayanya sebagai sebuah taman yang kalau kita masuk kedalamnya bisa ngerasa berada disatu tempat yang gimanaaaa gitu. Alhasil berada ditaman ini ya biasa-biasa aja.

Pedagang mainan ikut menangguk untung di Taman Samarendah 
Warga yang bersantai membeli mainan balon lampu di Taman Samarendah

Saya condong bilang kalau taman ini bisa jadi lebih ciamik kalau penerangannya dibanyakin dikit. Hehe...Sayang lo. Disitu ada air mancur warnanya. Areal khusus untuk duduk-duduk. Taman-taman kecil. Taman bermain. Jogging path. Pernik bangunan berupa patung-patung kuda dan sebuah menara lampu dengan bentuk yang unik. Tapi ya itu. Sekali lagi sayang. Karena pencahayaan kurang jadi semua kaya "tenggelam". Kurang terlihat mewahnya.

Menara lampu ikonik taman Samarendah Samarinda
Menara lampu spektra warna Taman Samarendah 

Pemandangan gelap hampir 50 persen melingkupi kawasan taman ini. Mulai dari bagian tepi, tengah atau juga sebagian lahan parkir. Padahal kalau lampu penerangnya ditambah, taman ini bisa lebih utuh menampilkan kecantikannya.

Sebagian lahan parkir taman Samarendah yang gelap
Sebagian areal parkir taman Samarendah yang minim penerangan
 
Dengan keadaan seperti itu, mungkin orang yang kebetulan lewat bakal berfikir dua kali kalau ingin mampir. Terlepas dari keadaan terang disiang hari, Taman Samarendah kalau malam datang seakan ikutan redup. Jadi kurang menarik. Bahkan khawatirnya akan mengesankan menjadi tempat berkonotasi "negatif". Waaaah... jangan sampai lah ya. Iya deh. Mudah-mudahan suatu saat kita bisa memandang dan menikmati kemolekan Taman ini lebih cerah dimalam hari.

Nah itu dulu ya Sob, sekedar catatan kecil tentang Taman Samarendah. Apapun itu tentu sudah diupayakan maksimal. Pembangunan sarana umum seperti taman kota tentu ditujukan agar bisa dinikmati dan bermanfaat untuk masyarakat. Sudah sepatutnya kita bersyukur. Oh ya, tapi jangan lupa. Sebagai warga yang baik juga punya tanggung jawab sama-sama menjaga. Jangan suka "usil" merusak sarana publik yang sudah tersedia. Deal ya ? Baiklah...hehe...

Oh ya. Untuk gambaran realnya, saya sudah buat video singkat tentang Taman Samarendah di channel Youtube saya. Agar sobat juga bisa menilai. Terserah sobat saja gimana pendapatnya. Kan tiap kita punya pendapat masing-masing. Hehe...

Saya sangat-sangat berterima kasih kalau sobat berkenan like dan subscribe.

Simak videonya di sini : Agus Parawansa channel

Sekian dan terima kasih. Moga ada manfaatnya demi kebaikan bersama.
Wassalam.