Jenis Berita Secara Umum

Keyboard News
Sumber ilustrasi : flickr
(by www.gotcredit.com)

Secara umum jenis berita dibagi menjadi dua. Yaitu straight news dan depth news. Bagaimana pengertian singkat keduanya?

produksispot.blogspot.com - Bagi kita masyarakat awam mungkin menganggap tidak begitu penting apa jenis atau pembagian berita yang kita baca, dengar atau lihat. Karena bagi pembaca,pendengar atau pemirsa, yang penting berita itu mudah difahami, enak diikuti. Selesai.

Namun, tentu lain halnya bagi para penggiat jurnalistik. Berita itu ternyata tidak begitu saja dibuat. Ada kaidah bakunya sendiri.

Pada artikel sebelumnya telah saya kemukakan sedikit tentang pengertian berita yang baik dan benar. Bisa sobat simak di sini. Nah pada tulisan kali ini saya lengkapi dengan pembagiannya.

Jenis yang pertama yaitu Straight News.

Straight news biasa juga disebut berita singkat atau spot news. Ini adalah jenis berita yang berisi laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa secara singkat. Dia hanya memuat komponen dasar berita yaitu kaidah 5W 1 H (What, Who, Why, Where, When dan How). Penulisan atau tanpa diikuti penelusuran mendalam.

Tulisan jurnalist
Sumber ilustrasi  : flickr
(by Bruce Guenter)
Selanjutnya jenis berita kedua yaitu Depth News.

Yaitu jenis berita yang berisi laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang tidak hanya mengandung unsur komponen dasar, tetapi juga dilengkapi dengan latar belakang, tafsiran, warna atau suasana. Semua disajikan secara lebih mendalam.

Kemajuan zaman berandil besar merubah  cara penyajian berita ke tengah masyarakat. Kemudahan dalam pengolahan dan aksesibilitas penyebaran berita juga dimanfaatkan dengan baik oleh kalangan pers.

Ada peluang, kesempatan besar memuaskan dahaga rasa keingintahuan masyarakat terhadap suatu peristiwa menarik. Dari sinilah kemudian muncul beberapa jenis atau format baru berita seperti yang sudah banyak beredar saat ini.

Nah sekian dulu singkat tentang pembagian jenis berita secara umum. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkenan membaca. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Wassalam.