Singkat Perkembangan Jenis Berita

Waktu yang dinamis
Sumber ilustrasi : flickr
(by Juan Pablo Lauriente)


Jenis berita berkembang dinamis. Secara konten terus berubah. Dari yang hanya memuat elemen dasar dan data pelengkap menjadi model baru. Analisa bahkan prediksi.

Produksispot.blogspot.com - Seperti kita ketahui ada 2 jenis berita secara umum yaitu straight news dan depth news. Seperti tulisan saya di sini. 

Khususnya sebagai turunan dari jenis berita kompleks/mendalam (depth news), jenis berita era milenial sudah kian variatif.

Depth news selain memuat data elementer juga dilengkapi latar belakang, fakta-fakta pendukung serta telaah mendalam yang komperhensif.

Dengan keberadaan itu depth news lalu menjelma menjadi apa yang disebut sebagai jenis berita analisis atau analysis news. Yaitu berita yang muatannya mengandung nilai prediksi pada kecenderungan peristiwa-peristiwa lain pada masa mendatang. Ada juga sebagian yang menyebut analysis news ini sebagai interpretative news.

Belum berhenti disitu. Perkembangan jenis berita terus berlanjut seiring tuntutan masyarakat. Publik yang semakin cerdas menginginkan selain penyajian berita yang lebih dalam juga harus akurat, disertai dasar yang kuat.

Sumber ilustrasi : flickr
(by Radiofabrik)
Kenyataan tersebut mendorong kalangan pers sejak tahun 1970-an mulai menganut dan menerapkan kaidah precision journalism. Yaitu menggunakan penelitian sebagai salah satu dasar penyajian berita untuk bisa memenuhi tuntutan ketepatan dan objektifitas.

Sejak saat itulah banyak media yang memunculkan hasil penelitian kuantitatif sebagai dasar tulisan.

Nah sobat, demikian dulu tulisan singkat dan sangat sederhana tentang perkembangan jenis berita. Ternyata jenis berita yang kita kenal saat ini bukan terlahir dari rumus yang instan ya. Tetapi lebih dulu melewati beberapa tahapan. Berproses mengikuti perubahan yang dinamis ditengah masyarakat.

Sekian dulu dan terima kasih sudah berkenan membaca. Semoga ada manfaatnya.

Wassalam.