Kriteria Penyiar Radio (Bagian 2 - Habis)

Mic and lamp


Okey guys... Selamat berjumpa kembali bersama saya di sini. (Weleh, sudah kaya yang siaran aja tuh...). Kita lanjutin ya artikel sebelumnya tentang bagaimana sih seharusnya penyiar radio yang baik itu.


produksispot.blogspot.com -Di tulisan saya sebelumnya sudah membuat sedikit pengantar. Jadi kali ini saya akan langsung kemukakan beberapa hal pokok yang harus dipenuhi sebagai syarat menjadi penyiar yang baik. Nah, untuk menjadi seorang penyiar yang baik itu paling tidak harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya :

1. Memiliki karakter suara yang baik.

Karakter suara yang baik menjadi yang nomor satu, jelas karena medianya adalah media "dengar". Permainan olah suara memegang kendali. Karakter ini hanya bisa didapat apabila yang bersangkutan mampu menggunakan tehnik vocal dan tehnik pernafasan dengan baik. Hasilnya, artikulasi (kejelasan pengucapan kata), intonasi (tinggi rendah suara), dan ekspresi (cara bertutur) menjadi optimal. Penyiar seperti ini pasti "smiling voice" . Artinya suaranya akan terdengar lebih menyenangkan. Smile....

2. Kaya perbendaharaan kata dan berwawasan luas

Kriteria kedua, ada dua poin sekaligus. Karena keduanya saling terkait erat. Terapinya sama yaitu banyak membaca. Dengan membaca selain akan lebih memperkaya kosa kata, otomatis juga akan menambah ilmu. So, akan terhindarlah si penyiar dari kesan kering alias "garing" waktu siaran.

3. Memahami kerja peralatan siaran.

Seorang penyiar yang baik itu seyogyanya mengerti secara umum cara kerja peralatan studio. Hal ini cukup penting agar si penyiar juga mampu ikut menjaga kesinambungan siaran dengan kualitas audio standart. Lagi pula kalau gaptek perangkat, biasanya akan nervous siarannya. Jadi ngga lepas, karena konsentrasi terpecah. Udah mikirin kata-kata, tambah mikirin alat pula. Kan repot dan blepot ... !

4. Supel, Ceria dan Hygienis.

Nah, ini dia kriteria terakhir yang menurut saya juga sangat-sangat penting. Bukan hanya sekedar pandai mengolah kata, seorang penyiar yang baik itu juga seharusnya memiliki karakter mudah bergaul dan ceria biar lebih gambang ikut perkembangan. Faktor higienitas pribadi juga haruslah. Gimana bisa akrab bergaul kalau tidak pandai merawat diri. Betul ?

Oke deh sekian dulu ya. Bagi pembaca yang ingin nambahin kriteria lagi, silahkan. Ditunggu masukannya. Yuk mari.... Well, have a nice announcing ...


No comments:

Post a Comment