Tentang Spot Radio Kreatif

Mixer


Bagi yang berkecimpung di dunia radio pasti sudah tidak asing dengan istilah spot radio. Materi file audio yang satu ini peranannya cukup strategis terutama terhadap pewarnaan siaran. Ibarat sebagai "lay-out" di media cetak, spot radio juga salah satu bagian yang dapat menambah cantik penampilan. Lalu spot radio yang seperti apakah itu ? Saya kira dan tentu juga anda akan menjawab, spot radio yang " kreatif ".


produksispot.blogspot.com - Saya ingin berbagi pengalaman soal kreasi membuat spot radio sebagaimana bidang tugas saya saat ini. Mudah-mudahan berkenan diterima sebagai satu titik kecil pencerahan untuk sahabat yang mungkin memerlukan sedikit informasi terkait kiat meramu spot radio sehingga menjafi lebih kreatif.

Sekedar contoh, dari segi pemilihan ide latar belakang cerita untuk menyampaikan pesan tentang masalah kelelahan misalnya, bisa kita pilih dari banyak hal. Dari suasana atau latar belakang apa saja. Banyak sekali.

Saya punya satu contoh cuplikan naskah percakapan dalam spot radio tentang "Waspada Kelelahan". Latar belakang yang diambil adalah percakapan antara seorang calon pembeli dan penjual baju disebuah pasar tradisional.

Eit, tapi ngomong-ngomong, ngga salah tu ? Apa hubungannya orang jual baju sama masalah kelelahan ? Naa untuk menjawabnya coba kita simak ilustrasi singkat ini :

Seorang wanita (ya anggap saja wanita karirlah begitu) menghentikan langkahnya untuk menghampiri seorang penjual baju yang bersemangat menawarkan barang dagangannya.

"Mas, mas yang ini berapa ?" tanya wanita itu.

 "Oh, yang itu 15 ribu neng" jawab si pedagang dengan ramah.

"Wah, koq mahal sekali mas ? Biasanya juga cuman 30 ribuan yang beginian" kata wanita itu sembari dengan seksama memperhatikan selembar t-shirt ditangannya.

"Loh neng. Sampeyan ini gimana to. Harganya kan 15 ribu. Koq malah minta dinaikkan jadi 30 ribu ? Sampeyan ini mau nawar atau apa ? 15 ribu lo neng. 15 ribu " sanggah sang penjual sedikit heran sambil cengengesan.

"Ni cewek cantik tapi ternyata rada budeg juga ya?" begitu gumam si penjual dalam hati.

Nah endingnya, si mas penjual baju itupun melanjutkan,

"Wah, jangan-jangan eneng ni lagi fatigue ya. Lagi Capek. Ck ck ck... Makanya neng, jaga waktu istirahatnya dong biar ngga kecapekan. Biar ngga salah-salah gitu ngedengernya".

So teman-teman semua, gimana. Cukup jelaskan ?

Inti pesan dari ilustrasi di atas adalah tentang kewaspadaan akan dampak buruk kelelahan bagi daya konsentrasi. Bila kondisi badan sedang mengalami kelelahan maka pasti tingkat konsentrasi termasuk daya dengarpun menjadi berkurang.

Dari cuplikan ilustrasi di atas juga bisa terlihat bahwa ternyata ide ilustrasi dalam sebuah spot radio misalnya tentang kelelahan, tidak harus selalu diambil dari seputar kesibukan tempat kerja saja. Tetapi bisa dari banyak sisi, dari banyak "alam". Ngobrolnya di pasar, nawar harga, bicara baju, tetapi goal sebenarnya adalah soal kelelahan. Hehe ... :)

So, that's the point. Kembangkan imaginasi dalam merancang sebuah spot radio. Jangan penjara kebebasan ide. Biarkan dia "berkelana". Yang penting jaga alur cerita tetap mengarah pada titik tujuannya, pada inti pesannya. Dengan pengemasan secara kreatif salah satunya yaitu dengan pemilihan ide ilustrasi yang variatif maka spot radio pasti akan menjadi lebih menarik. Gimana, deal ? Deeaaaaaal.... Bekerja cerdas, hasilnya bernas. ~ Asik :)

Ok, sekian dulu deh. Ngga kerasa sudah lumayan larut nih. Kalau kemalaman tidur, salah-salah malah saya lagi yang kena fatigue. Hehe ... O iya, tidak lupa terima kasih sudah membaca artikel Tentang Spot Radio Kreatif ini. Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas kekurangannya.

Wassalam.


No comments:

Post a Comment