Sekilas Produksi Spot Radio

Operator dan dubber
Aktifitas di ruang Bagian Produksi


Dalam Siklus operasional radio, bagian yang bekerja untuk memproduksi spot radio biasanya disebut Bagian / Divisi Produksi.

Orang-orang yang terlibat didivisi ini harus produktif dan kreatif serta suka belajar hal-hal baru untuk mendukung tugas kerjanya membuat spot-spot radio yang apik.


produksispot.blogspot.com - Produksi spot radio adalah satu rangkaian proses kerja. Perannya cukup strategis dalam siklus sebuah stasiun radio (stara). Pembuatan atau produksi spot radio ini biasanya atau kalau ditempat saya bekerja ditangani oleh Divisi Produksi.

Spot yang dihasilkan oleh dapur divisi ini sangat menentukan elok tidaknya wajah stara itu di hadapan audience. Hasil produksi spot dengan kualitas yang mumpuni akan mendokrak eleganitas. Bahkan dalam ungkapan yang mungkin lebih ekstrim, kalau mau tahu mana stara yang bonafit, lihat bagaimana hasil produksi spotnya.

Secara umum dapat dikatakan bahwa produksi spot radio itu adalah sebuah rangkaian kerja kreatif khususnya dalam Divisi Produksi. Mulai dari perencanaan, penyusunan bahan hingga tehnis perekaman dan akhirnya mixing sesuai kebutuhan program siaran stara.

Kemudian soal pengertian spot radio yaitu salah satu materi siaran berbentuk file audio hasil perpaduan harmonis antara narasi pesan dengan musik plus sound effect (jika diperlukan). Sifatnya yang padat menjadikan durasi komponen ini biasanya pendek, hanya berkitar antara 15 - 120 detik. Diolah menggunakan software audio editing dengan skala terukur untuk menjamin kualitas hasil kerja yang maksimal. Software yang biasa digunakan untuk mengedit file audio seperti CoolEditPro, Adobe Audition, ProTools, dll.

Cukup sampai disini dulu bahasan singkat tentang Sekilas Produksi Spot Radio ini. Moga manfaat dan selamat berkarya.

Wassalam


No comments:

Post a Comment