Tahapan Kerja Produksi Spot Radio (Bagian 2)

Audio software

Hola ! Sekedar review dikit nih. Pada bagian sebelumnya sudah dibahas tahap pertama produksi spot radio yaitu persiapan. Ada dua macam kegiatannya. Mengidentifikasi produk pengiklan dan menetapkan model spot yang ingin dibuat.


Nah, sekarang kita lanjutkan pada tahapan kerja yang kedua yakni Membuat Radio Script.

2. Buat Radio Script

a. Gali Ide

Tetapkan satu tema lalu buka ide seluas-luasnya. Cobalah cari tema dari hal-hal umum yang up-todate, isu terbaru yang sedang hangat dibicarakan. Dalam proses pencarian ide ini, cobalah juga melibatkan beberapa orang untuk melakukan brain-storming. Semakin banyak ide, tentu akan semakin memperkaya pilihan untuk selanjutnya menentukan pilihan terbaik.

b. Tulis Naskah

Tulislah naskah ke dalam format radio script. Hindari penggunaan istilah atau angka-angka yang terlalu kompleks. Pergunakan bahasa tutur yang mudah dimengerti.

c. Pilih Narator / Voice Over Yang Sesuai

Untuk dapat memainkan peran sebagaimana yang diinginkan maka perlu dilakukan telaah narator atau voice over. Pilihlah pengisi suara dengan karakter yang sesuai dengan tuntutan script yang telah dibuat. Pemilihan yang dilakukan, tentu akan sangat berpengaruh pada hasil akhir produksi.

Narator maupun dubber hendaknya telah memahami kaidah atau tehnik dasar menjadi narator atau dubber yang benar. Seperti tehnik pengucapan (artikulasi),nada pengucapan (intonasi), penekanan pengucapan (ekspresi), pemenggalan kata atau kalimat serta tehnik pengaturan nafas.

(Bersambung)



No comments:

Post a Comment