Tahapan Kerja Produksi Spot Radio (Bagian 1)

Audio software

Biar kerjaan cepat kelar dan dapat hasil yang memuaskan, mari biasakan membuat langkah kerja. Progres bikin spotnya bisa jadi lamban tanpa adanya rencana dan langkah kerja yang baik.


Agar pekerjaan produksi spot berjalan efektif dan dapat memberi hasil maksimal maka sebaiknya kita buat dulu tahapannya. Secara umum terdapat 3 (tiga) tahapan yang biasa dilakukan yaitu Persiapan, Pembuatan Radio Script dan Rekaman / Recording.

Untuk penjelasan singkat ketiga langkah itu akan saya uraikan dalam 3 (tiga) bagian tulisan. Kali ini tentang langkah kerja yang pertama.

1. Persiapan

a. Identifikasi Produk

Mengidentifikasi produk yang akan diiklankan adalah hal penting dalam tahap persiapan. Lakukan telaah referensi untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk barang/jasa yang akan diiklankan. Bisa melalui berbagai media seperti  brosur, leflet  atau wawancara langsung dengan pengiklan.

Kenali jenis dan karakter khas (keunggulan) produk (produk barang). Demikian pula dengan nilai tambah lainnya,seperti fasilitas dan bonus tambahan (produk barang & jasa).
Satu hal juga yang harus diperhatikan yaitu tujuan pengiklan. Apakah untuk perkenalan, mempertahankan produk ataukah pencitraan. 


b. Tetapkan Model  Spot             

Setelah bahan lengkap, tentu sudah bisa diperoleh bayangan model radio spot yang akan dibuat. Telaah dan upayakan ketersediaan musik dan sound effect yang relevan, sesuai tuntutan script.

Dari sisi voice over atau narasi, ada beberapa model radio spot yang dapat dibuat baik untuk spot iklan komersil ( radio ad's), ILM atau REX (radio exposure), seperti :

1. Dialog
2. Dialog + Narasi Presentasi
3. Dialog + Narasi Presentasi + Jingle Ending
4. Dialog + Narasi Presentasi within Theme Song
5. Narasi Presentasi
6. Narasi Presentasi within Theme Song
7. Narasi Action

(Bersambung)


No comments:

Post a Comment