Jenis-jenis Spot Radio

Operator
Divisi Produksi

Kalau kita mau telisik ternyata ada banyak jenis spot radio dengan fungsi atau kegunaannya masing-masing. Apa saja ?


produksispot.blogspot.com - Seperti sudah kita ketahui bersama sebelumnya bahwa spot radio itu adalah salah satu materi atau komponen siaran. Bentuknya beragam. Ada yang berupa pesan komersil, insert atau jingle.

Secara lebih rinci tentang spot radio, berikut ini beberapa jenis dan penjelasan singkatnya.

1. Iklan Komersil (Radio Ad's)

Yaitu spot radio yang mendeskripsikan keberadaan satu produk barang atau jasa secara kreatif sehingga mampu menarik perhatian dan memberi kesan positif bagi pendengar.

2. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) / Public Service Announcement (PSA)

Yaitu spot radio yang berisi deskripsi tentang satu program yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat luas. Sifat pesan dalam ILM ini bisa sekedar memberi informasi atau juga bisa sebagai himbauan/ajakan.

3. Radio Exposure (REX)

Dikenal juga dengan istilah Program Promotion. Yaitu spot radio yang mendeskripsikan keberadaan suatu acara/event/kegiatan tertentu, baik yang berhubungan dengan program stara maupun tidak. 

4. Station / Program Jingle

Yaitu spot radio berupa perpaduan harmonis antara musik, sound effect dan atau nada vocal berdurasi singkat (15”- 60”) untuk menggambarkan identitas stara.

5. Station / Program Insert

Hampir serupa dengan Jingle, hanya saja Insert lebih mengutamakan sisi permainan sound effect dan narasi. Fungsinya untuk memperkaya tampilan satu program acara siaran baik reguler maupun spesial.

Sekian dulu artikel tentang Jenis-Jenis Spot Radio ini, semoga bermanfaat.

Wassalam.


No comments:

Post a Comment