Kriteria Penyiar Radio (Bagian 1)

Mic and studio lamp


Menjadi penyiar itu mungkin gampang-gampang susah.

Semua orang tanpa terkecuali sebenarnya punya potensi yang sama untuk bisa menjadi seorang penyiar. Tapi apa sih sebenarnya kriteria untuk bisa  menjadi penyiar yang baik itu ?


produksispot.blogspot.com - Penyiar. Orang yang suaranya terdengar di radio mengantarkan lagu atau menyampaikan informasi. Suaranya menyenangkan. Kadang juga selaan humor segar sang penyiar membuat kita ikut tersenyum. Membuat betah untuk terus menyimak siarannya.

Sepintas, kayanya jadi penyiar radio itu gampang banget ya. Tinggal duduk manis,pasang headsetnya, angkat fader micnya di mixer, terus ngomong. Maka, "tadaaaaaa....". Jadilah anda seorang penyiar.

Tapi sebenarnya, apakah segampang itu ? Ouw. Ternyata ngga juga kawan. Ya meskipun memang, ngga sulit-sulit amat juga sih. Asal terus mau belajar aja.

Mungkin untuk menjadi (sekedar) penyiar itu memang tidak terlalu sulit. Hampir bisa dipastikan setiap orang berpotensi bisa. Tetapi, bagaimana menjadi penyiar "yang baik" itu ? Nah, disini akar masalahnya. Akarnya tuh disini...hihi.

Ok.Kalau mau merujuk pada literatur sebatas yang saya ketahui, paling tidak ada beberapa hal pokok yang harus dipenuhi, sehingga seseorang itu layak disebut sebagai penyiar yang baik.

Apa saja ? Nanti kita lihat pada lanjutan artikel ini.

So, don't go anywhere. Stay tune.... :D

(Bersambung)


No comments:

Post a Comment